Selasa, 01 September 2015

Sering Sakit Kepala? Inilah Penyebabnya

KESEHATANKU-Sakit kepala akan membuat seseorang merasa tersiksa dan membuat tidak nyaman melakukan aktifitas apapun. Terkadang sakit kepala muncul disaat yang tidak tepat, ketika membutuhkan tenaga dan kondisi tubuh yang bugar untuk menyelesaikan pekerjaan ternyata sakit kepala datang secara tiba-tiba. Banyak sekali jenis sakit kepala, sakit kepala sebelah, sakit kepala belakang, sakit kepala tenion, sakit kepala dengan demam dan sakit kepala yang berkepanjangan. Dari beberapa jenis penyakit kepala tersebut terdapat banyak sekali penyebabnya. Berikut adalah penyebab beberapa sakit kepala yang anda alami:

1.Asap rokok
Dalam kemasan rokok sudah tertera dampak menyebabkan rokok, yang mana memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Perokok pasif maupun aktif dapat dengan mudah mengalami sakit kepala secara tiba-tiba apabila menghirup asap rokok. Asap rokok menyebabkan sakit kepala dikarenakan ada zat aditif yang dapat menyebabkan pembuluh darah membesar. Membesarnya pembuluh darah mengakibatkan sakit kepala terjadi.

Sering Sakit Kepala? Inilah Penyebabnya


2.Miuman beralkohol
Minuman beralkohol menyebabkan anda sakit kepala, selain itu banyak sekali dampak buruk yang diakibatkan oleh minuman beralkohol. Adanya zat tyramine pada alkohol menyebabkan anda sakit kepala. Dan banyak sekali kandungan yang terdapat pada minuman beralkohol yang menggangu metabolisme serotonin diotak sehingga menyebabkan sakit kepala. Bahkan minuman beralkohol dapat menyebabkan kerusakan otak anda.

3.Dehidrasi
Penyempitan pembuluh darah yang diakibatkan karena dehidrasi membuat anda terasa pusing. Pusing yang diakibatkan karena kekurangan cairan tubuh dikarenakan kehilangan bagian penting dari air dan elektrolit yang dibutuhkan tubuh. untuk menghindari dehidrasi sebaiknya anda mengkonsumsi air sebanyak 7- 8 gelas per hari.

4.Minuman atau makanan dingin
efek yang begitu cepat saat anda mengonsumsi sesuatu yang dingin menyebabkan anda terasa pusing secara tiba-tiba. ini diakibatakan karena saraf otak yang sangat sensitif dan adanya rangsangan dingin pada pembuluh darah yang berada disekitar mulut ketika mengkonsumsi air dingin. Untuk Mengurangi resiko sakit kepala akibat mengkonsumsi sesuatu yang dingin sebaiknya makan atau minumlah secara perlahan-lahan.

5.Minuman berkafein
ketergantungan terhadap minuman berkafein dapat menyebabkan reksi fisiologis yang memicu sakit kepala. Apalagi jumlah kafein perharinya berlebihan maka akan menyebabkan ketergantungan dan dapat menyebabkan sakit kepala apabila tidak mengkonsumsinya. untuk menetralkan kandungan kafein sebaiknya mengurangi konsumsi kafein setiap harinya atau diganti dengan minuman yang rendah kafein.

Demikian 5 hal yang menyebabkan anda sakit kepala, perhatikan 5 hal tersebut supaya anda tidak mudah mengalami sakit kepala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar