Selasa, 08 September 2015

4 Penyebab Mendengkur yang Perlu Dihindari

KESEHATANKU-Mendengkur merupakan kebiasaan beberapa orang ketika tidur. Sehingga menyebabkan orang yang disekitarnya merasa terganggu karena suara dengkuran yang keras, sedangkan yang mendengkur tidur dengan lelapnya. Kebiasaan mendengkur bisa menyebabkan bahaya dan tidak menyebabkan bahaya. Menyebabkan bahaya dalam masalah hubungan suami istri, karena beberapa pasangan terganggu terhadap suara dengkuran dan ada pula yang memakluminya. Sedangkan bahaya bagi kesehatan yaitu mendengkur menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, kerusakan pada otak dan mengalami depresi. Maka dari itu harus mengerti apa yang menyebabkan seseorang mendengkur. Dengan mengerti penyebabnya semoga bisa meminimalisir atau bahkan menghilangkan kebiasaan mendengkur. Berikut adalah beberapa penyebab mendengkur saat tidur:

1.Posisi tidur

Kebanyakan orang yang mendengkur pada posisi terlentang, karena pada saat terlentang berat tubuh menekan bagian saluran udara dalam tenggorokan. Adanya gangguan pada tenggorokan yang disebabkan oleh posisi tidur menyebabkan seseorang mengalami dengkuran. Maka Untuk mencegahnya sebaiknya memulai tidur  dengan posisi tidur menyamping pada bagian kanan.

4 Penyebab Mendengkur yang Perlu Dihindari


2.Hidung tersumbat
Hidung yang tersumbat karena flu menyebabkan seseorang yang tertidur bernafas menggunakan mulut tanpa disadarinya sehingga menyebabkan mendengkur. Untuk mengatasi ini, segera obati flu anda sehingga tidak menjadi penyebab mnedengkur atau setidaknya buanglah ingus sebelum tidur sehingga tidak menyebabkan hidung tersumbat.

3.Faktor genetik, kehamilan dan obesitas
Prang yang memiliki berat badan berlebih karena obesitas atau hamil menjadi sebab seseorang mendengkur. Ini dikarenakan berat badan yang berlebih meyebabkan otot leher tertekan sehingga aliran udara tidak lancar. Selain itu faktor genetik juga berpengaruh seseorang mendengkur atau tidaknya.

4.Merokok
Merokok menyebabkan seseorang berat dalam mengambil nafas sehingga tanpa tidak sadar akan membuka mulutnya untuk bernafas. Terbukanya mulut untuk bernafas menyebabkan seseorang mendengkur. Maka dari itu untuk Mengjilangkan kebiasaan mendengkur maka berhentilah merokok.

Demikian 4 Penyebab mendengkur yang harus diperhatikan supaya kita tidak memiliki kebiasaan mendengkur sebaiknya penyebab-penyebab diatas dihindari kecuali yang tidak biasa dihindari yaitu faktor genetic. Bagaimanapun juga mendengkur menyebabkan gangguan pada diri sendiri maupun orang yang disekitarnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar