Rabu, 30 September 2015

BACA SEBELUM TERLAMBAT!!! INI DAFTAR PENYAKIT YANG BISA DIATASI DENGAN MANFAAT DAUN SEMBUNG

Sembung (Blumea balsamifera) adalah nama tanaman semak yang daunnya umum jadikan juga sebagai obat tradisional. Daun sembung mempunyai permukaan yang ditumbuhi bulu-bulu halus. Bila dikonsumsi, dilidah daun ini mempunyai karakter rasa pedas serta sedikit pahit, agak hangat, harum. Dampak farmakologisnya yaitu anti rematik, memperlancar aliran, menyingkirkan bekuan darah serta pembengkakan.
Advertisement

Sebagian senyawa kimia yang ada di dalamnya yaitu Borneol, cineole, limonene, di-methyl ether phloroacetophenone. Daun sembung ini dapat dipakai untuk menyembuhkan rematik, nyeri haid, nyeri setelah melahirkan, diare, perut kembung serta influenza.

Manfaat Daun SembungBerikut ini sebagian misal faedah daun sembung juga sebagai obat tradisional untuk menangani beragam penyakit :

1. Menyembuhkan Diare
Ambillah 1 genggam daun sembung, lalu di rebus dengan 3 gelas air sampai jadi 1 1/2 gelas. Minum air rebusan itu dengan madu sekedarnya, satu hari 3 x 1/2 gelas.

2. Menyembuhkan sakit kepala lantaran peradangan pada rongga sinus
Langkahnya, ambillah lima helai daun sembung, leburkan serta hangatkan diatas api terbuka, sehelai tiap-tiap kalinya. Pada saat panas, lekatkan pada dahi untuk rongga tulang depan mata serta tulang pada dahi untuk rongga tulang rahang atas serta rongga tulang tapis. Jika dingin, ubah dengan daun yang hangat sampai ke lima daun itu habis dipakai. Kerjakan 2 kali satu hari.

3. Haid tak teratur, tak nafsu makan
Ambillah 3/5 genggam daun sembung dicuci Ialu di rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 3/4-nya. Minum dengan madu, satu hari 3 x 3/4 gelas.

4. Menyembuhkan maag
Langkahnya, ambillah lima lembar daun sembung, rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih serta tersisa 1/2 gelas. Imbuhkan sedikit garam, lantas minum saat sebelum makan pagi atau sarapan.

5. Nyeri dada disebabkan penyempitan pembuluh darah jantung (angina pectolis)
Siapkan 1/2 genggam daun sembung, dicuci bersih Ialu di rebus dengan 3 gelas air sampai jadi 3/4-nya. Sesudah dingin airnya disaring Ialu diminum dengan madu sekedarnya. Satu hari 3 x 3/4 gelas.

6. Menyembuhkan beri-beri
Langkahnya, ambillah 1/4 genggam daun sembung, 1/4 genggam daun turi, 1/4 genggam daun legundi, serta 3 butir cabe jawa, lantas rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya. Biarlah dingin, lantas saring serta minum 2 kali satu hari semasing 3/4 gelas.

7. Nyeri haid
Siapkan 5 lembar daun sembung serta sebagian biji kedaung, lalu dipanggang serta dihaluskan. Rebus dua bahan itu dengan 2 gelas air hingga bekas 1/2-nya, minum sesudah dingin.

Oke, itu dia sebagian faedah daun sembung untuk kesehatan serta penyembuhan tradisional. Janganlah lupa baca juga daun-daunan bermanfaat yang lain dalam artikel faedah daun kemangi serta faedah daun kelor. Mudah-mudahan berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar