Selasa, 29 September 2015

Inilah Si Cantik Alamanda dengan Sejuta Manfaat

Tanaman hias bunga alamanda selain cantik ternyata juga mempunyai sejuta faedah untuk kesehatan.
Bunga alamanda dalam bhs ilmiah Allamanda cathartica adalah tanaman hias yang juga kerap dimaksud dengan nama terompet emas, bunga lonceng kuning, atau bunga buttercup.
Datang dari Amerika Tengah serta Selatan serta banyak juga diketemukan di Brazil dimana bunga ini umum dipakai juga sebagai hiasan lantaran memiliki bentuk sendiri yang indah. Bunga alamanda ini termasuk juga ke suku Apocynaceae.
Seperti ditulis dari www. obattradisionalpenyakitamandel. blogspot. co. id, inilah sebagian faedah untuk kesehatan dari si cantik berwarna kuning jelas. Umumnya yang dipakai yaitu sisi akar, daun, serta bunga untuk penyembuhan.
Baca : Inilah Manfaat Rumput Pengganggu Halaman Rumah
Daun Alamanda mempunyai kandungan alkaloida (senyawa basa bernitrogen yang umumnya heterosiklik serta ada di tumbuhan).
Kulit batang serta buahnya memiliki kandungan saponin. Kulit batangnya memiliki kandungan tannin. Sedang buahnya memiliki kandungan flavonoida (senyawa kimia aktif yang jadikan juga sebagai obat penyakit hati) serta polifenol (zat kimia yang mempunyai karakter antioksidan).

Faedah yang lain yakni getah bunga alamanda yang berwarna putih mempunyai karakter anti bakteri serta antibiotik hingga bisa jadikan juga sebagai obat penyakit kanker serta pencegah kuman atau bakteri. Bunga ini dapat juga dipakai untuk menghindar komplikasi dari malaria serta pembengkakan limpa, dan bisa dipakai untuk penyembuhan penyakit kuning.
Baca : Tiga Faedah Konsumsi Oatmeal Setiap Hari
Daunnya dipakai untuk penawar toksin serta digunakan juga sebagai ramuan herbal untuk penyakit bisul atau abses, eksim, serta kurap. Rasa daun bunga alamanda ini pedas, pahit, bermanfaat laksatif (pencahar) serta pemicu muntah (emetik).
Manfaat Bunga Alamanda untuk Kesehatan :
1. Penawar toksin
Langkahnya : Cukup siapkan 15 gr daun bunga alamanda fresh bersihkan bersih serta rebus dengan 1 gelas air sepanjang 15 menit sampai mendidih, dinginkan serta minumlah air rebusan daun bunga alamanda ini 2 x sama banyak dengan selang satu jam.
2. Mematikan belatung serta jentik nyamuk
Sisi dari tanaman ini yang dipakai yaitu getah dari batang bunga alamanda.
3. Obat bisul serta kurap
Cukup bersihkan bersih serta tumbuk halus bunga alamanda serta oleskan di bagian yang terserang bisul itu.

4. Menangani sembelit
Seduh daun alamanda, lalu minum.
5. Obat disentri
Batang tanaman bunga alamanda ini keras serta bergetah yang dapat digunakan untuk penyakit disentri
6. Obat Penyakit Kuning
Tidak cuma batang, daun serta bunganya saja, namun akar bunga alamanda ini dapat mempunyai faedah untuk pencegahan penyakit kuning. (obattradisionalpenyakitamandel. blogspot. co. id/tre)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar