Selasa, 22 September 2015

Cara Mengobati Penyakit Radang Tenggorokan

Cara Mengobati Penyakit Radang Tenggorokan - Pagi ini Tips Kesehatan dan Kecantikan akan menghadirkan sebuah artikel mengenai radang tenggorokan, Radang Tenggorokan adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi dibagian tenggorokan (Faring) dan menjadi radang. Hampir 80% Radang Tenggorokan disebabkan oleh virus, dapat menyebabkan demam dan 20% lainnya disebabkan oleh bakteri, alergi, dan rokok. 

Cara Mengobati Penyakit Radang Tenggorokan
cara mengobati sakit tenggorokan
 
Radang tenggorokan terjadi akibat dari invasi bakteri maupun virus, akan tetapi tidak sampai membahayakan nyawa pasien. Radang tenggorokan tidak bisa dideteksi oleh pasien sendiri, karena cukup banyak faktor yang dapat menyebabkan tenggorokan terasa gatal serta kesulitan disaat hendak menelan makanan, hanya dokter yang mampu memberikan kesimpulan jika radang tenggorokan tersebut disebabkan oleh invasi bakteri Streptokokus atau bisa jadi hanya radang tenggorokan biasa yang disebabkan oleh virus, maka dari itu sebelum Anda mengkonsumsi obat antibiotik untuk mengatasi radang pada tenggorokan, dimana sebetulnya tidak diperlukan apabila radang tenggorokan yang Anda alami disebabkan oleh virus, maka dianjurkan untuk mengatasi radang tenggorokan dengan mengkonsumsi obat tradisional radang tenggorokan sebagai langkah penyembuhan pertama.

Obat Tradisional Radang Tenggorokan Pada Anak dan Bayi

Simak beberapa tanaman obat yang mampu untuk mengatasi radang tenggorokan di bawah ini:
1.    Dengan Sari Cuka Apel
Sari cuka apel secara alamiah mampu membantu membunuh bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan. Cukup dengan menambahkan dua sendok makan sari cuka apel dan satu sendok madu pada setengah gelas air. Agar obat alami ini lebih manjur lagi, tambahkan sedikit bubuk cayenne dan aduk obat hingga merata. Minum obat alami ini 2x sehari. Atau cukup dengan minum air yang telah ditambahkan sari cuka apel.

2.    Dengan Jahe
Obat tradisional radang tenggorokan pada anak yang mungkin akan anak Anda sukai adalah jahe. Jahe memiliki kualitas yang sangat baik untuk menghangatkan tubuh termasuk tenggorokan, Anda dapat membuat minuman atau camilan sehat dari jahe, sesuaikan saja dengan selera anak Anda.
Atau bisa dengan membuat ramuan obat dengan cara mencampurkan parutan jahe kedalam gelas yang berisi air perasan jeruk lemon dan madu. Pastikan jika anak Anda menyukainya sehingga Anda bisa memberikan minuman jahe serta makanan jahe selama waktu yang dibutuhkan.

3.    Dengan Sirup Bawang
Mungkin terdengar cukup mengerikan dan bisa dibayangkan jika rasanya tidak akan senikmat disaat Anda minum sirup mangga atau sirup jeruk. Sirup bawang secara alami mampu mengatasi radang tenggorokan, siapkan 3 siung bawang yang telah dibersihkan dan dikupas kulitnya, rebus dengan air selama beberapa menit hingga bawang berubah menjadi bubur, setelah itu, campur bubur bawang dengan 5 sendok makan air hangat dan tambahkan madu serta air jeruk lemon, aduk dan obat siap digunakan.

4.    Dengan Madu
Obat tradisional radang tenggorokan pada bayi tidak bisa sembarangan. Madu merupakan salah satu hasil alam yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk mengobati radang tenggorokan, namun sayangnya banyak pihak yang meragukan keamanan dari pemberian madu pada bayi, terkait dengan hasil produksi madu yang sangat berdekatan dengan lebah itu sendiri. Sebelum memberikan madu pada bayi untuk mengatasi radang tenggorokan, alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak untuk menanyakan apakah bayi Anda aman mengkonsumsi madu.

5.    Dengan Kumur Air Garam Hangat
Coba redakan radang tenggorokan yang Anda alami dengan berkumur menggunakan air garam hangat. Garam mengandung unsur alami yang mampu melawan sekaligus membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan, cukup dengan rutin berkumur menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan garam, niscaya radang tenggorokan yang Anda alami lekas sembuh.

6.    Dengan Jus Lemon
Jus lemon bisa menjadi obat tradisional radang tenggorokan yang cukup efektif, karena kandungan alaminya mampu membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan. Buatlah ramuan obat dengan cara mencampurkan air perasan jeruk lemon dengan air hangat untuk kemudian diminum atau dengan cukup menambahkan jeruk lemon pada teh hangat Anda.

Tips dan Cara Mengobati Penyakit Radang Tenggorokan Orang Dewasa

Beberapa cara menyembuhkan radang tenggorokan yang sedang anda alami antara lain:
1.    Dengan Minum Teh
Anda dapat mengurangi rasa sakit di tenggorokan dengan teh buatan anda sendiri. Gantilah sementara minuman-minuman seperi kopi, cola dan aneka minuman pasaran dengan teh hangat. Jika anda ingin lebih manjur, anda bisa menggunakan teh chamomile. Teh dari jenis chamomile dapat mengurangi rasa sakit tenggorokan akibat radang. Anda bisa menikmatinya dengan menambahkan madu di dalamnya. Semakin nikmat bukan?

2.    Membuat Teh Jahe
Minum teh saja sudah nikmat apalagi jika ditambah dengan jahe. Jahe memiliki sifat ekspektoran, yang berarti membantu melonggarkan dan mengeluarkan lendir dari sistem pernapasan Anda (termasuk lendir ekstra di tenggorokan). Jahe meningkatkan oksigen ke sel-sel, membilas racun, dan mempercepat proses penyembuhan. Caranya anda potong satu inci jahe yang telah dimemarkan lalu rebus kurang lebih selama tiga menit. Campurkan jahe tersebut dengan teh yang telah dibuat sebelumnya. Lalu nikmati.

3.    Minum Madu dan Juga Lemon
Air hangat yang dicampur madu dan lemon juga bisa menenangkan tenggorokan anda. Madu sudah jelas sekali memiliki banyak manfaat. Anda juga bisa mengkombinasikan lemon dan jahe, lemon berfungsi mengencerkan lendir sedangan jahe sebagai penenang. Caranya: campurkan satu sendok madu dan satu sendok lemon dan dituangkan di dalam air hangat. Kemudian minumlah.

4.    Makan Bawang Putih
Yap, kedengarannya aneh. Anda mungkin menghindari makan bawang putih karena selain rasanya yang aneh jika dimakan mentah, namun juga bisa menimbulkan bau mulut tak sedap. Namun bawang putih adalah obat alami yang ampuh mengobati radang tenggorokan. Bawang putih mengandung allicin, senyawa yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan radang dan melawan kuman yang menyebabkan rasa sakit dan iritasi. Caranya cukup mudah, iris bawang putih secukupnya lalu gigit dan hisap sari yang keluar dari bawang putih. Lakukan secukupnya, sekali dalam satu hari.
Oleh karena radang tenggorokan bukanlah penyakit yang serius, maka cobalah obati secara alami dan cara yang menenangkan. Sehingga si penderita pun tidak khawatir dalam dirinya mengenai penyakit yang sedang ia derita. Dan salah satu cara agar pasien bisa cepat sembuh juga dengan cara membuat psikologinya senang.


!!!
Kalau begitu sekian dulu nie postingan dari Tips Kesehatan dan Kecantikan mengenai Cara Mengobati Penyakit Radang Tenggorokan, jangan lupa klik suka dan bagikan ya.
Semoga artikel dari Tips Kesehatan dan Kecantikan hadirkan dapat bermanfaat untuk semuanya. Amin.
Terimakasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat, sampai jumpa dipostingan artikel berikutnya ya.

!!
Jangan lewatkan artikel terkait dan sebelumnya, yaitu sebagai berikut:
•    Cara Pengobatan Penyakit Kencing Batu
•    Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami
•    Cara Mengatasi Buang Air Berdarah
•    6 Penyebab dan 7 Cara Untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami
•    Cara Mengatasi Flu atau Pilek Secara Alami

Sekian dan Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar