Kamis, 01 Oktober 2015

Banyaknya Khasiat dan Manfaat Akar dan Daun Landep Yang Tersembunyi

Tumbuhan obat yang satu ini datang dari Asia tropik serta Negara Afrika Selatan, bila di Indonesia biasanya bisa Anda temui di daerah yang beriklim kering, tumbuh liar ditanam untuk pagar dari dataran rendah hingga 400 m dibawah permukaan laut.

Manfaat serta Faedah Akar serta Daun Landep

Type tanaman ini mirip semak, tinggi 1, 5 – 2 m. Batang berkayu, sisi empat, berbuku-buku, berambut, berduri kuat yang ada pada ketiak-ketiak daun. Daun : tunggal, daun muda berambut, letak berhadapan, panjang tangkai daun 4 – 8 mm. Perbanyakan dengan memakai biji atau setek batang. Sekian ciri serta deskripsi tanaman obat landep (Barleria Cristata).

Oh ya, tanaman landep juga mempunyai beragam senyawa-senyawa kimiawi salah satunya : saponin, flavonoid, tannin, serta polifenol. Serta sisi yang dapat dipakai yaitu daun serta akarnya.

Dari senyawa kimia yang dipunyai tanaman landep sesudah di cermat, nyatanya dapat menyembuhkan beragam penyakit seperti : Luka, rematik, sakit pinggang, demam, sakit perut, perut busung air, kencing kurang lancar serta nyeri pada gusi.

Untuk Anda yang tertarik untuk coba obat tradisional ini, tersebut beberapa cara pemanfaatannya.
Luka

15 g akar landep dicuci sampai bersih. Imbuhkan ¼ sendok teh kapur sirih. Tumbuk hingga halus, lalu tempelkan pada luka.

Kurap/panu

Akar secukupnya lantas digiling halus, imbuhkan air perasan 1 buah jeruk nipis. Lantas diaduk rata hingga seperti bubur. Oleskan pada kurap lantas dibalut dengan kain bersih atau perban. Ubah 2 kali satu hari, hingga sembuh.

Rematik, sakit pinggang, sakit kepala

1 genggam daun landep segar di cuci, lantas digiling halus. Imbuhkan air kapur sirih secukupnya sembari diaduk sampai rata hingga jadi seperti bubur kental. Oleskan ke bagian badan yang sakit. Apabila sakit kepala, oleskan di kening.

Sakit gigi

Daun dikunyah dengan gigi yang sakit.


Gusi nyeri serta berdarah

Daun landep segar di bersihkan, lantas digiling halus. Air perasannya ditambahkan sedikit madu. Pakai untuk memoles gusi yang sakit.


Demam, sakit perut, kencing sedikit

1 genggam daun landep fresh di bersihkan, lantas di seduh dengan 1 gelas air panas. Sesudah dingin disaring, lantas diminum.

Demikianmudah-mudahan dapat menaikkan wawasan Anda perihal obat tradisional yang ada di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar