Selasa, 27 Oktober 2015

7 Fakta Yang Perlu Anda Tahu Tentang Katarak

Secara global, katarak adalah penyebab utama kebutaan, tidak kurang dari 51% dari semua kasus kebutaan di dunia yang mewakili setidaknya 20 juta orang. Selain itu, agak disayangkan bahwa sekitar 54 juta orang, mayoritas dari mereka adalah di negara-negara berkembang menderita sedang sampai gangguan penglihatan parah akibat katarak. Tapi apa itu katarak? Sebuah katarak mengacu pada kekeruhan atau kekeruhan dari lensa mata yang menyebabkan kehilangan penglihatan karena menjadi semakin sulit, jika bukan tidak mungkin untuk sinar cahaya dari objek dalam pandangan melewati lensa buram sebelum fokus pada retina di belakang mata. 
Lensa mata dasarnya terbuat dari protein lensa dan air dan beberapa faktor dapat menyebabkan denaturasi protein itu dan menyebabkan kekeruhan atau pemutihan lensa mirip dengan bagaimana albumin telur berubah menjadi putih bila direbus. Beberapa hal di bawah adalah beberapa fakta penting Anda mungkin tidak pernah tahu tentang katarak.

Source : Wikimedia.org

1. Usia lanjut adalah faktor risiko tunggal yang paling penting untuk katarak


terkait dengan usia atau katarak senilis menyumbang sebagian besar kasus katarak. Diperkirakan bahwa sekitar 50% orang akan memiliki katarak pada usia 65 tahun dan hampir semua orang lebih dari 75 tahun memiliki beberapa cataract. Namun mengapa begitu? Lensa alami mata terdiri dari serat protein diatur sedemikian rupa bahwa itu adalah sejelas kristal dan memungkinkan cahaya untuk melewati. Namun, dengan bertambahnya usia, protein ini mengumpul dan awan daerah kecil dari lensa sehingga sulit untuk melihat.

2. Ada kemungkinan dilahirkan dengan keadaan sudah katarak


Sayangnya, beberapa bayi yang lahir dengan katarak. Jenis ini disebut katarak kongenital sebagai. Hal ini dapat terjadi sebagai akibat dari beberapa kondisi menular pada ibu selama kehamilan seperti rubella, cacar air, sifilis dan cytomegalovirus, di antara penyebab lainnya. Demikian pula, katarak kongenital dapat hasil dari kelainan genetik pada Down sindrom (trisomi 21) dan sindrom Turner (Monosomi XO).

3. Katarak tidak dapat menyebar dari satu mata ke yang lain


Beberapa orang memiliki kesan yang salah bahwa katarak dapat menyebar dari satu mata ke yang lain. Secara ilmiah, hal ini tidak benar. Namun, katarak dapat mempengaruhi salah satu atau kedua mata secara bersamaan atau pada waktu yang berbeda.

4. Katarak dapat bermanifestasi dalam beberapa cara


Jika Anda memiliki katarak, Anda mungkin melihat daerah keputihan dalam hitam bola mata Anda. Ini sebenarnya lensa cataractous opacifier belakang iris gelap mata. Gejala umum lainnya termasuk berawan atau pandangan kabur yang dapat menghasilkan gambar ganda atau beberapa dari objek yang sama. Warna dapat muncul memudar dan silau adalah umum di mana sumber cahaya kasus tampak terlalu terang. Kadang-kadang, halo atau pelangi mungkin muncul di sekitar sumber cahaya.

5. Beberapa faktor risiko dapat mempengaruhi katarak


Penyakit tertentu seperti diabetes, hipertensi dan kekurangan gizi dapat membuat seorang individu lebih mungkin untuk mengalami katarak. Juga, kebiasaan berbahaya seperti asupan alkohol berat dan merokok juga dapat menyebabkan pembentukan katarak. Ini juga telah menunjukkan bahwa trauma tumpul pada mata mengarah ke pembengkakan, penebalan dan pemutihan serat lensa sehingga katarak. Paparan berlebihan terhadap radiasi ultraviolet dan penggunaan steroid dapat menyebabkan katarak.

6. Operasi Katarak adalah salah satu operasi yang paling sempurna di dunia


Jika Anda mengalami penurunan yang signifikan dalam penglihatan dari katarak dan ini mengganggu kegiatan sehari-hari Anda, mengapa tidak memilih untuk operasi katarak dan memiliki lensa cataractous dihapus dan diganti dengan lensa intraokular? Di pusat-pusat dilengkapi dengan baik, prosedur ini memiliki tingkat keberhasilan yang sangat tinggi dan pasien biasanya dapat kembali ke rumah pada hari yang sama, meskipun ia disarankan untuk tidak mengemudi. Pilihan yang tersedia termasuk bedah fakoemulsifikasi, ekstraksi katarak ekstrakapsular (ECCE), Bedah Kecil Insisi Katarak (SICS) dan ekstraksi katarak intrakapsular (ICCE).

7. Anda dapat mengurangi risiko katarak


Seseorang memiliki sedikit kemungkinan untuk terkena katarak jika ia menghindari faktor risiko seperti berlebihan minum, merokok dan paparan sinar ultraviolet. Misalnya, dengan memakai kacamata pelindung ultraviolet, Anda dapat memperlambat perkembangan katarak. Dalam nada yang sama, konsumsi secara teratur buah-buahan dan sayuran yang kaya antioksidan kuat seperti lutein, zeaxanthin serta vitamin A, C dan E dapat mengurangi risiko katarak Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar