Senin, 12 Oktober 2015

APAKAH ANDA BERPOTENSI MENGALAMI STROKE?

Penyakit stroke bisa berlangsung pada siapapun, terlebih mereka yang memiliki faktor resiko. Pencegahan sejak awal merupakan jalan keluar terbaik.

Stroke adalah pemicu kematian urutan ketiga di negara maju sesudah jantung serta kanker. Setiap th. lebih dari 700. 000 orang di Amerika mengalami stroke bahkan juga data terakhir mengatakan tiap-tiap 40 detik seorang alami stroke, hal semacam ini serupa dengan data yang didapat dibagian Neurologi RSUP Sanglah Denpasar di mana diperoleh 103 pasien dalam 3 bln.. Apabila dihitung biaya pelayanan kesehatan yang terkait dengan stroke menggunakan tak kurang $ 18 milyar tiap-tiap th. serta lebih dari $ 140. 000 di habiskan setiap orangnya untuk perawatan pascastroke seumur hidupnya. Suatu fakta yang cukup menarik ternyata stroke pada wanita 2x lebih sering alami kematian dibanding tumor payudara serta kenyataan menarik yang lain yaitu stroke pada umur muda (12 th.) bertambah nyaris 50%.

Kabar baiknya yaitu 80% dari peristiwa stroke bisa di cegah, dan langkah terbaik untuk melindungi diri sendiri serta orang-orang terkasih dari stroke yaitu dengan memahami serta mengontrol faktor kemungkinan tersebut .

Faktor kemungkinan stroke hingga sekarang ini diketemukan tak kurang dari 20 faktor baik yang bisa dimodifikasi maupun tidak bisa dimodifikasi. Keragaman faktor kemungkinan pada tiap-tiap individu bakal membuat pola pengenalan tiap-tiap masalah dan tindak pencegahan antar individu sangatlah berbeda juga. Hal ini membuat pemahaman perihal deteksi awal aspek kemungkinan stroke mungkin susah untuk dipahami baik oleh kelompok medis tersebut terlebih oleh orang-orang pemula. Para tenaga pakar di luar mencoba membuat suatu system score atau penilaian dengan cara garis besar pada aspek resiko itu. National Stroke Association membuat suatu system score yang bisa dipakai baik oleh tenaga medis maupun masyarakat pemula dalam soal deteksi awal aspek kemungkinan stroke. System score tersebut bisa anda pakai untuk menilainya potensi diri anda bakal bahaya stroke. Beri nilai 1 pada setiap item sebagai aspek kemungkinan lalu hitunglah kebawah pada masing-masing kelompok warna hingga bisa anda golongkan tinggi rendahnya faktor kemungkinan yang anda punyai. Berikut adalah tabel system score aspek resiko stroke.

Luangkan waktu sejenak anda serta ajak orang yang anda cintai maupun orang di sekitar anda untuk menilainya faktor resiko yang dimiliki. Lakukan konsultasi ke dokter jika anda sangsi atau mau memperoleh info selanjutnya tentang potensi stroke dan pencegahan pada aspek kemungkinan yang dimiliki. Dengan mengenali diharapkan anda dapat mengontrol faktor kemungkinan yang anda miliki hingga peluang mengalami stroke jadi minimal. Hal ini searah dengan program dari World Stroke Organization dalam peringatan hari Stroke Dunia yang jatuh pada tanggal 29 Oktober dengan mengambil tema “Because I Care”. Mari kita dukung dengan tingkatkan kesadaran bakal penyakit stroke. Kesadaran bakal suatu penyakit adalah langkah awal dari pencegahan dan penyembuhan yang maksimal pada penyakit itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar