Rabu, 21 Oktober 2015

Mengatasi Asma Dan Alergi Pada Anak

Jika dibiarkan tanpa pengawasan, asma dapat menyebabkan masalah berat pada anak dan bahkan bisa berakibat fatal. Mengingat keseriusan penyakit ini sangat penting untuk dapat mengidentifikasi gejala penyakit ini pada anak Anda dan mendapatkan bantuan medis sesegera mungkin sehingga masalah dapat disimpan di bawah kontrol dan anak Anda dapat menjalani hidup sehat.


Apakah Anak Anda Menderita Alergi atau Asma?


Alergi adalah reaksi inflamasi untuk beberapa jenis zat asing yang tidak setuju dengan tubuh Anda. Asma, di sisi lain, adalah penyakit paru-paru yang menyebabkan kesulitan bernafas. Penyakit ini mempengaruhi daerah pernapasan bawah.Alergi dan asma sering keliru untuk satu sama lain karena mereka dapat menunjukkan gejala yang sama. Bahkan, sejumlah orang yang menderita asma juga cenderung menderita sejumlah alergi.

Dalam kedua kasus, sistem kekebalan tubuh mencoba untuk melawan berbagai jenis alergen. Hal ini menyebabkan peradangan pada sistem. Orang yang menderita asma mengalami peradangan ini di saaluran udara mereka, sehingga sulit bagi mereka untuk bernapas.


Mengelola Asma Anak Anda

Asma sangat sulit untuk dicegah. Namun, ada hal-hal tertentu yang dapat Anda lakukan untuk mencoba dan mengelola asma dan tetap di bawah kontrol.

  • Hindari pemicu. Anak yang berbeda bereaksi terhadap berbagai jenis pemicu. Jika anak Anda bereaksi terhadap debu, mencoba untuk menjauh dari itu. Anda harus mengawasi anak Anda untuk mencari tahu apa yang mungkin telah memicu serangan sehingga Anda dapat tinggal jauh dari itu.

  • Cobalah beberapa yoga. Sejumlah anak-anak merespon dengan baik untuk yoga dan membantu mereka bernafas lebih baik. Teknik-teknik pernapasan dapat membantu mengurangi intensitas serangan atau jumlah serangan.

  • Memperkenalkan hewan peliharaan di usia dini. Langkah ini harus dilakukan sebelum anak Anda mulai mendapatkan serangan asma sekitar hewan peliharaan. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh dengan hewan peliharaan dari usia muda sering kurang alergi dan tidak menderita asma sebanyak. Namun, jika anak Anda sudah bereaksi terhadap hewan peliharaan maka Anda harus menjauhkan mereka.

  • Ikuti petunjuk dokter. Jika anak Anda telah diresepkan obat-obatan tertentu, memastikan bahwa obat-obatan yang diberikan dengan benar dan tepat waktu. Ini bisa membantu mencegah banyak masalah nanti.

  • Jika anak Anda mendapatkan asma di luar ruangan atau sekitar serbuk sari, cobalah untuk menjaga dia atau di dalam ruangan itu sebanyak mungkin dan menutup semua jendela di rumah. Hal ini harus dilakukan bahkan lebih selama musim semi karena ada banyak serbuk sari di udara pada saat ini tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar