Kamis, 08 Oktober 2015

Aneka Resep Herbal untuk Mengatasi Keluhan Penyakit Ringan

Pandangan orang-orang kita perihal penyembuhan herbal memang mencakup spectrum yang luas. Ada yang bilang dampak suggestif, ada yang bilang food supplement dan sebagainya, beberapa pengritik mempunyai latar belakang yang beragam termasuk juga para dokter. Para dokter yang mengkritik biasanya adalah yang belum pernah belajar obat herbal. 

Opini juga di bangun oleh sekumpulan orang yang bersikap sinis karena merasa terancam dengan berkembangnya obat herbal. Walau sebenarnya mulai sejak awal dunia kedokteran memakai obat herbal dalam penyembuhan, baru pada era ke-12 obat kimia sintetik di kembangkan. Saya berikan pada tiap-tiap orang yang malas belajar manfaat obat herbal, baiknya anda selekasnya belajar karena kecenderungan orang-orang moderen kembali pada herbal saat ini telah sangat kuat, bila tidak anda bakal ketinggalan. 

Jadi obat herbal/jamu itu bukan hanya food supplement tetapi obat yang bermanfaat, begitupun asumsi bahwa herbal cuma pas untuk penyakit kronis yaitu salah, justeru orang-orang mesti tahu bahwa obat herbal adalah harapan baru untuk orang-orang yang berkemauan menyembuhkan penyakit ringan lewat cara gampang tetapi aman. Pengetahuan orang-orang perihal herbal yang amat kurang, sudah mengakibatkan orang-orang kita bila sakit berobat lewat cara konvensional yang semakin hari semakin mahal serta keseluruhannya menyumbang inflasi biaya kesehatan. 

Pengetahuan perihal langkah hidup alami yang baik bakal meningkatkan kemandirian orang-orang dalam menangani masalah kesehatannya. Dalam peluang ini saya sampaikan sebagian resep penyembuhan herbal untuk keluhan ringan sebagai berikut. : 

1. Batuk 

30 gr bawang putih, kupas, lumatkan + 25 gr gula batu + 1 gelas air masak, diamkan sepanjang 5 jam, lantas saring, 1X satu hari @ 1 sendok makan. 

2. Asma 

1 batang rimpang alang-alang serta 1/2 jari rimpang kencur dipotong tipis-tipis + 5 lembar daun sirih yang telah ditumbuk + 1 gelas air, dimasak sampai air tinggal ½ gelas + 1 sendok makan madu + 1 sendok teh air jeruk nipis, aduk sampai rata, minum saat sebelum tidur, sebanyak 1/2 gelas. 

3. Demam 

3 buah umbi bawang merah dipotong tipis-tipis + 2 sendok makan minyak kelapa + ½ sendok makan minyak kayu putih + 1 buah jeruk nipis, diperas. diaduk rata, Gosokkan pada ketiak, perut, serta kepala, lakukan juga sebagai kompres, hingga panas turun. untuk membersihkan sisa-sisa, lakukan dengan dilap menggunakan air hangat. 

4. Pilek 

5 jari rimpang jahe + 5 buah bawang merah + 5 buah bawang putih, potong kecil-kecil + 2 gelas air, masak sampai air tinggal separuhnya, dinginkan, saring. Minum 2 X satu hari @ 1/2 gelas. 

5. Muntah serta Diare 

3 sendok teh adas dihaluskan + 5 lembar daun jambu biji yang dipotong kecil-kecil + 10 cm kulit batang pulasari, imbuhkan 3 gelas air, masak sampai air tinggal separuhnya, dinginkan, saring, diminum 3 X satu hari @ ½ gelas. Bisa imbuhkan madu setiap bakal minum 1 sendok makan. 

Demikianlah contoh-contoh, ada banyak lagi misal ramuan yang tentu saja tidak mungkin semuanya dibicarakan dalam kesempatan ini, mungkin saja diwaktu lain kita bakal menambah lagi. Mudah-mudahan bermanfaat. wassalam wr. wb. 

Sumber : best-herbal 
ditulis Oleh dr. Mohammad Ali Toha Assegaf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar