Rabu, 07 Oktober 2015

5 Manfaat Menakjubkan Ketika Makan Dengan Perlahan

5 Manfaat Ketika Makan Dengan Perlahan-Makan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh makhluk hidup, karena dengan makan kehidupan akan terus berlanjut. Kebanyakan orang mengunyah makanan dengan cepat dan terburu-buru. Sementara mengunyah makanan secara perlahan sangat berguna dan memiliki dampak positif pada kesehatan. Meskipun mengunyah makanan secara perlahan membuat makan anda lebih lama tetapi sangat penting untuk diterapkan demi mendapatkan manfaat yang luar biasa dari mengunyah makanan secara perlahan. Ketika anda mampu menerapkkesekan hal tersebut maka akan mendapatkan bebrapa manfaat untuk kesehatan tubuh anda.

Berikut adalah beberapa manfaat yang anda dapatkan apabila mengunyah makanan secara perlahan:

1. Membantu kinerja sistem pencernaan
Makan secara perlahan akan memberikan banyak waktu di perut Anda untuk mencerna makanan. Apabila mengunyah makanan dengan cepat maka tidak memberi waktu pada sistem pencernaan yang berada dalam perut untuk memprosesnya. Selain itu makan-makanan dengan cepat membuat perut bekerja dengan berat karena makanan menumpuk didalam perut dengan partikel yang lebih besar dan kurang lembut karena dikunyah hanya sebentar.

5 Manfaat Menakjubkan Ketika Makan Dengan Perlahan


2. Hindari makan ketika sedang emosi
Apabila seseorang sedang makan dalam kondisi emosi maka tidak memperhatikan apa yang dimakan dan biasanya mengunyahnya dengan cepat. Makan dengan emosional bisa berbahaya, dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang buruk. Dr. Lilian Cheung mengatakan, perlahan-lahan saat makan membantu kita untuk selalu fokus pada setiap suapan makanan. Sehingga makanan yang dimakan dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

3. Berat badan yang ideal
Banyak studi menunjukkan bahwa ketika makan perlahan-lahan akan mendorong seseorang mengkonsumsi lebih sedikit kalori. Hal ini untuk mempertahankan atau bahkan menurunkan berat badan dan sangat menguntungkan. Alasan lain adalah bahwa otak membutuhkan setidaknya 20 menit, untuk memberikan kami informasi bahwa perut penuh. Jadi, jika kita makan terlalu cepat, adalah mungkin bahwa kita akan terus makan melewati titik di mana kita harus berhenti. Sebaliknya, makan perlahan-lahan memberi kita pemahaman tentang perut sudah penuh.

4. Mengurangi kecanduan makanan tidak sehat
Kebanyakan orang tidak ingin mengalami kecanduan makanan, makanan terutama yang tidak sehat seperti junk food. Menurut Dr. Lilian Cheung di Amerika Serikat, makan perlahan-lahan akan membantu orang menghindari terlibat dalam makanan ini. Makan perlahan-lahan juga akan membantu kita untuk menikmati makanan sehat.


5. Mengurangi depresi
Perlahan-lahan dlam mengunyah dapat memberikan rasa  ketenangan karena tidak terburu-buru. Institut nutrisi dan diet juga melaporkan bahwa makan perlahan-lahan, akan mendorong orang untuk menikmati makanan, dan membantu kesehatan mental.

Demikian 5 manfaat dari mengunyah makanan secara perlahan, sesuatu yang terburu-buru memang tidak baik. Semoga dengan makan secara perlahan-lahan kita semua mendapatkan manfaat tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar