Senin, 05 Oktober 2015

Tips membiasakan Diri Bangun Pagi



Bangun pagi setiap hari memang seperti bukan masalah besar, bagi sebagian orang bangun pagi adalah sebuah rutinitas. Namun, ternyata bagi sebagian banyak orang bangun pagi adalah sebuah masalah yang membuat frustasi, hal yang sederhana ini berubah jadi masalah besar yang mengancam produktivitas. Sekeras apa pun mereka berusaha, tetap saja hasilnya nihil. Pola tidur masih saja berantakan atau malah semakin parah.

Manfaat dan Cara Efektif Bangun Pagi


Padahal dengan bangun pagi ada banyak manfaat yang kita dapat, video berikut ini menjelaskan beberapa manfaat bangun pagi. 


Berikut sebagian tips yang mungkin berguna bagi orang yang mempunyai masalah sulit bangun pagi, dan mulai merasa kesehatan dan produktivitasnya terganggu hanya karena masalah sepele ini.

      1. Bangunlah satu menit lebih awal setiap harinya


Menyetel alarm lebih pagi kadang tidak membuat kita otomatis bangun lebih pagi, kadang hanya berakhir dengan menekan tombol tunda sampai akhirnya bangun pada jam yang biasanya. Tubuh anda mungkin membutuhkan sedikit penyesuaian waktu, dari pada bangun pagi-pagi sekali. Coba setel alarm satu menit lebih pagi setiap harinya sampai target tercapai, contohnya, jam bangun pagi adalah pukul 6.30 pagi. Target yang ingin dicapai adalah pukul 5.00 pagi, hari pertama setel alarm pukul 6.29 pagi. Lusa, setel alarm pada pukul 6.28 pagi dan seterusnya.

Sebulan kemudian jam bangun tidur alami anda akan menjadi lima belas menit lebih awal tanpa disadari. Mungkin waktu yang dibutuhkan cukup lama, tetapi ini akan memuat tubuh terbiasa bangun lebih pagi tanpa paksaan.

      2. Motivasi diri dengan target yang realistis


Bangun pukul 5.00 pagi pastinya membutuhkan usaha yang tidak mudah, dan butuh usaha yang panjang. Jika tubuh sudah terbiasa bangun pukul 8.30 tidak mungkin bisa berubah begitu saja, gunakanlah teknik membayar hutang. Bayarlah hutang dari yang jumlahnya terkecil, kadang target yang realistis dapat terus memotivasi tubuh untuk terus menyesuaikan waktu.

      3. Gunakan tekanan sosial

 

Bentuklah sebuah grup kecil bersama teman-teman terdekat untuk saling berkompetisi bangun lebih awal, cara ini efektif karena: 
1.    Cara ini akan membangun kepercayaan hingga anda tidak akan tega mengecewakan teman-teman terdekat anda.
2.      Cara ini mengaktifkan sinyal biologis, ketika kita merasa harus melakukan hal yang penting maka tubuh akan secara alami menyesuaikan waktu bangun pagi anda, itulah mengapa kadang anda terbangun dengan sendirinya ketika ada sesuatu yang penting harus anda lakukan.
3.      Tempatkan diri anda sebagai patokan
Ketika anda menjadi patokan terhadap orang lain, saat itulah suara alarm menjadi satu-satunya hal yang bisa anda andalkan. Ketika alarm berbunyi, tidak akan ada lagi keinginan untuk tinggal di tempat tidur.
4.      Manipulasi lingkungan sekitar agar lebih mudah bangun pagi
Kebanyakan manusia menciptakan kebiasaan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Contohnya, orang cenderung akan melakukan olah raga ketika pakaian olah raga sudah disiapkan. Beginilah cara untuk memanipulasi lingkungan sekitar:

·         Taruh jam alarm jauh dari diri anda, sehingga anda harus bangun dan berjalan untuk mematikannya.
·         Setelah mesin pembuat kopi sesuai jam bangun yang ditargetkan sehingga kopi sudah siap ketika anda  terbangun.
·         Sediakan pakaian hangat di dekat tempat tidur agar anda dapat memakainya ketika terbangun.
5.      Pecahkan penyebab sulit bangun pagi?
Apa penyebab anda kesulitan bangun pagi? Analisis masalah anda ini dengan baik. Jujurlah pada diri anda sendiri tentang permasalahan yang anda hadapi sehingga anda dapat menyelesaikannya.

6.      Berikan alasan tepat untuk bangun pagi
Apakah yang akan anda lakukan dengan waktu ekstra di pagi hari? Dan apakah alasan itu benar-benar tepat untuk anda?
Jika lari pagi adalah alasan anda untuk bangun pagi, maka ketika anda tidak menyukai lari pagi tubuh menolak untuk bangun pagi. Buatlah kegiatan yang paling anda sukai di pagi hari, rencanakan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan.
Ketika kegiatan pagi hari adalah kegiatan yang ditunggu-tunggu, secara alami tubuh akan menyesuaikannya dengan kegiatan itu.

7.      Pantau perubahan
Hal yang tidak kalah penting untuk anda lakukan adalah memantau perubahan yang sudah anda jalani, ini bisa jadi motivasi yang baik untuk anda mencapai apa yang anda targetkan. Jika masih ada pikiran negatif seperti “saya bukan orang yang tepat untuk bangun pagi” ubahlah menjadi “saya adalah orang yang bisa bangun pagi.”

Tips-tips di atas dapat membantu membiasakan tubuh untuk bangun pagi, semua orang-orang yang meraih kesuksesan dalam hidup berawal dari kebiasaan bangun pagi. Jangan biarkan diri anda terpuruk di jam tidur yang tidak ideal, segerlah ubah kebiasaan bangun siang menjadi bangun pagi. Selain baik untuk masa depan, bangun pagi juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar