Rabu, 03 Februari 2016

Khasiat dan Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

ManfaatBuah Manggis. -Buah dengan nama ilmiah Garcinia Mangostana atau yang kita kenal sebagai Buah manggis ini merupakan tumbuhan cemara tropis yang termasuk kedalam keluarga Clusiaceae. Buah manggis ini merupakan buah yang berasal dari Negara Inonesia, namun kini sudah menyebar ke berbagai Negara Asia Tenggara seperti Thailand, Singapura, Malaysia, dan Vietnam. Buah ini juga dapat ditemukan Di Wilayah Afrika.

Buah mamggis terdiri dari tiga bagian utama yaitu kulit dengan warna ungu, daging dengan wara putih dan biji yang ada dalam daging bewarna bening. Kulit buah ini memilik sifat kesat namun dapat dengan mudah kita buka. Untuk dagingnya memilik aroma yang khas, bertekstur lembut dengan sedikit serat dan manis, sehingga tidak mengherankan jika banyak orang yang menyukai daging buah ini. Sementara itu untuk bijinya memiliki rasa yang pahit sehingga tidak bisa kita makan.

Mungkin anda sudah mengetahuinya bahwa buah ini dikenal dengan sebutan Queen Fruit (ratunya buah) dikarenakan memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Sudah diketahui sejak dulu diberbagai Negara Asia buah ini menjadi bagian dari obat tradisional. Bahkan sudah sejak abad ke-18 manfaat buah manggis untuk kesehatan diketahui dan telah terbukti secara ilmiah.

Siapa Sangka buah manggis merupakan gudang nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan  mencukupi kebutuhan gizi. Hal ini tak lepas dari kandungan yang ada dalam buah ini yaitu Senyawa yang disebut dengan Xanthone dengan kandunganya yang tinggi.  Xanthone ini merupakan senyawa plyhenolic yang sangat bermanfaat dalam membasmi bebagai jenis penyakit seperti halnya hipertensi, dan thrombosis. Kandungan senyawa Xanthone dalam buah manggis sangatlah banyak bisa mencapai 123,97 mg/ml.

Khasiat Buah Manggis bagi Kesehatan
www.Tradisionalkesehatan.com
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli mengungkapkan bahwa dalam buah dan kulit manggis terdapat lebih dari 40 zat xanthone. Tidak hanya itu pada buah ini juga terdapat polikasanida, cathechins dan polyphenols yang merupakan salah satu antikulat dan anti bakteri.

Dari kandugnan yang sudah jelas diatas, buah dan kulit manggis tentunya sangat bermanfaat untuk kita. Lalu apa apa saja manfaat buah manggis ini ? langsung aja simak dibawah ini.
  • Mencegah Penyakit Jantung
Kandungan buah manggis yang lain seperti tembaga, mangan dan magnesium, juga merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membentu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Dengan demikian buah manggis ini sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari strok dan penykait jantung coroner.
  • Mengobati Sariawan
Kandungan vitamin C pada buah manggis bermanfaat dalam menyebuhkan sariawan. Untuk caranya samgat miudah yaitu dengan menyiapkan kulit buah maggis dari 2 buah yang sudah dicuci dan dipotong-potong terlebih dahulu. Rebuslah kulit manggis ini dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya. Nah setelah dingin saring dan gunakan untuk berkumur.
  • Mengatasi Diare
Di Filipina buah ini cukup popular sehingga disana menggunakan hasil rebusan daun manggis dan kulitnya untuk mengatasi berbagai penyakit seperti menurnkan suhu badan saat demam, mengatasi diare, disentri hingga gangguan saluran kencing.
  • Anti Kanker
Kandugnan senyawa Xhanthone dalam kulit dan buah manggis ini bersifat sebagai anti poliferensi, yakni efektif untuk menghambat dan pertumbuhan dan menghancurkan sel-sel kanker.
  • Menghaluskan Kulit
Memiliki kulit halus merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh para wanita. Hal ini juga merupkan khasiat dari kulit manggis. Sebab dalam kulit manggis terdapat anti oksidan yang mampu mencegah penuaan dini dan meregenersi sel kulit. Bahkan dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit yang anda alami.

Selain itu buah manggis ini juga mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti :
-Anti –depresi
-Mencegah penyakit Alzheimer
-Memperkuat system kekebalan tubuh
-Sebagai Antioksidan
-Mengurangi kadar gula darah
-Mencegah penyakit urat syaraf
-Mencegah kerapuhan tulang
-Mencegah penuaan dini
-Mengencangkan kulit
-Menurunkan berat badan
-Menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur

Cara Membuat Ramuan Tradisional dari Kulit Buah Manggis 
  1.  Siapkan kulit manggis dari dua atau tiga buah manggis, kemudian kerok bagian dalam kulitnya yang berwarna ungu. Jangan sampai anda mengerok bagian hitam atau getahnya karena rasanya sangat pahit.
  2. Rebuslah kulit yang sudah dikerok tadi dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas saja.
  3. Setelah dingin saringlah rebusan tadi dan untuk meningkatkan manfaat dan mengurangi rasa kurang enak bisa anda tambahkan madu secukupnya.
Selain itu anda juga bisa membuatnya menjadi Jus caranya sangat mudah yaitu hampir sama dengan cara membuat ramuan tradisonal, namun kulit manggis yang sudah dikerok tadi tidak direbus tetapi di belender dan tambahkan air secukupnya sesuai banyaknya kulit buah yang sudah dikerok. Anda juga bisa menambahkan bahan lain untuk menambah citra rasanya seperti menambahkan coklat bubuk, susu kental, alpukat atau bahan lainnya. Setelah itu anda bisa mengkonsumsinya setelah makan, dan minumlah jus ini 1 kali satu hari satu gelas.

Efek Samping Kulit Buah Manggis
Anda juga perlu hati-hati dalam mengkonsumsinya, karena pada kulit manggis terdapat kadar resin, serat kasar dan tanin yang bisa mengakibatkan gangguan pencernaan jika nada mengkonsumsinya berlebihan.

Dengan manfaat buah manggis ini tentunya memberikan angina segar kepada siapapun yang mengharapkan kesembuahan dari penyakitnya. Para pasen yang menderita penyakit sedang, ringan bahkan yang berat akan bernafas dengan bebas dengan informasi ini.

Nah itulah Khasiat dan Manfaat Kulit Buah Manggis untukKsehatan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat diambil manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar