Kamis, 25 Februari 2016

Khasait dan Manfaat Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan. -Indonesia dimata Dunia terkenal dengan rempah-rempahnya. Salah satunya adalah kunyit , kunyit merupakan bumbu yang sangat sering kita jumpai  untuk memasak karena cita rasanya yang khas. Kunyit (curcuma longa linn/Curcuma domestica Val) merupakan salah satu tanaman rempah asli Asia Tenggara.

Taukah anda bumbu dapur yang terkadang disepelekan ini memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk dijadiakan obat dan bahkan bisa kita gunakan untuk mempercantik diri kita. Di India, kunyit telah digunakan sebagai pengobatan selama lebih dari 2500 tahun. Disana kunyit digunakan untuk pengobatan Ayurveda, sebagai antiseptik dan antibakteri karena memiliki efek farmaklogis yang sama dengan fluoride untuk gigi, menyembuhkan peradangan sendi dan pesoirosis, serta membantu dalam masalah pencernaan dan depresi.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan pengetahuan  tentang kandungan senyawa pada kunyit. Kini kunyit juga sudah dijadikan sebagai bahan dasar dalam produk kecantikan. Bentuknya pun bermacam-macam seperti kapsul, serbuk hingga minuman kesehatan. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja simak manfaat Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan.

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan
www.Tradisionalkesehatan.com



  •  Mengobati Jerawat
Kunyit efektif untuk menghilangkan jerawat, karena didalam kunyit memiliki sifat antiseftik dan antibakteri. Caranya yaitu dengan  mencampurkan satu sendok makan bubuk kunyit atau bisa juga 3 sendok makan air perasan kunyit segar dengan sedikit madu dan yogurt. Aduk hingga menjadi pasta kental. Setelah itu pakaikan sebagai masker wajah selama kurang lebih 15 menit.  Jangan sampai terlalu lama karena kunyit memiliki zat pewarna yang sulit hilang, setelah itu cuci dengan air bersih.

  •  Mengangkat Sel Kulit Mati
Kunyit bisa digunakan untuk eksfolisasi, sebab kandungan kunyit bisa mengangkat sel kulit mati secara lembut, tanpa merusak kulit atau iritasi. Buatlah bubuk kunyit dan tepung chickpea (kacang arab/kacang garbanzo/gram) menjadi scrub. Scrub ini akan membuat kulit anda bersih, cerah dan bercahaya.

  • Menyamarkan Kerutan dan Mencegah Penuaan Dini
Penuaan dini merupakan sesuatu yang menjengkelkan bagi wanita, akibatnya penampilan kita hilang dengan timbulnya kerutan-kerutan diwajah. Nah untuk mencegah itu gunakanlah maskara kunyit yang dicampur dengan susu, tepung beras dan jus tomat. Dengan takaran bubuk kunyit cukup 2 sendok makan dan bahan lainnya 1 sendok makan saja. Campurkanlah semua bahan yang tadi hingga tercampur rata, setelah itu pakailah pada wajah anda dengan merata. Diamkan 15 menit dan bilas setelahnya.

  •  Mengatasi Kulit Berminyak
Minyak berlebih dan juga sebum pada pori-pori kulit wajah anda bisa anda kontrol dengan kunyit, yaitu dengan menjadikan kunyit sebagi maskara caranya dengan mencampurkan 2 sendok makan bubuk kunyit dengan 3 sendok makan air perasan jeruk lemon atau dengan campuran jeruk nipis yang sudah matang. Gunakan masker tersebut pada wajah anda diamkan selama 15 menit. dan bersihkan dengan air hangat.

  •  Mengatasi Ketombe dan Juga Rambut Rontok
Rasa gatal dan rontok dikepala merupakan hal yang sangat menggangu kita. Terutama saat kita beraktivitas, tapi jangan khwatir kami akan memberikan tips untuk menghilangkan itu semua dengan khasiat kunyit yang luar biasa. Caranya sangat mudah sekali yaitu dengan memarut kunyit hingga halus lalu oleskan pada kulit kepala anda. 

  •  Menghaluskan kulit tumit dan Siku
Caranya sangat sederhana, Campurkan bubuk kunyit dengan minyak kelapa aduk sampai merata. Lalu campuran tersebut oleskan pada tumit dan siku yang kulitnya kasar. Supaya cepat menyerap pada sel kulit anda tambahkanlah pijatan-pijatan ringan pada tumit dan siku tersebut. diamkan 10 menit, setelah kering bilas dengan air bersih.

  • Merangsang Keluarnya ASI
Untuk mencukupi  asupan bayi seorang ibu tentunya ingin keluarnya asi keluar dengan lancar. Caranya sangat mudah cukup mengaplikasikan bubuk kunyit pada area payudara dan biarkan beberapa saat. Setalah itu bilas dengan air bersih.

Kunyit memang tidak diragukan lagi manfaatnya, selain untuk bumbu masak didapur ternyata kunyit juga sangat bermanfaat untuk kesehatan badan dan kulit wajah kita. Nah dari itu manfaatkanlah untuk fungsi tubuh dan kesehatan kita.

Itulah Manfaat kunyit untuk Kesehatan dan kecantikan yang dapat saya informasikan, namun itu hanyalah sebagian kecilnya saja.  dans semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar