Minggu, 14 Februari 2016

Khasiat dan Manfaat Buah Jeruk Purut untuk Kulit Wajah

ManfaatBuah Jeruk Purut. -Jeruk Pururt (Citrus hystrix) merupakan tumbuhan perdu yang memiliki ukuran kecil bulat dan tergolong dalam kerajaan tumbuhan Plantae. Namun sedikit berbeda dengan jeruk pada umumnya. Jeruk purut memiliki kulit buah yang berkerut, berbenjol-benjol dengan rasa asam namun sedikit pahit. Untuk tumbuh subur tumbuhan ini menginginkan tanah yang memiliki kandungan humus, tata air dan udara yang baik, minimal kadar air tanahnya di kedalaman 150-200 cm dibawah permukaan tanah. Di Negara Indonesia sendiri jeruk purut tumbuh bagus di daerah rendah ataupun pegunungan.

Bagi sebagian orang pastinya sudah mengenal buah jeruk purut ini, karena jeruk purut ini sering digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan. Fungsi jeruk pururt pada masakan adalah sebagai penambah rasa asam dan segar dalam  masakan. Tidak hanya itu jeruk purut juga sudah dikenal baik dalam pengobatan tradisional dan herbal di Nusantara.

Inilah Manfaat Jeruk Pururt untuk Kesehatan Wajah
www.tradisionalkesehatan.com
Dibalik Bentuknya yang kecil bulat ini terdapat kandungan gizi yang sangat melimpah yang baik untuk kesehatan kulit dan tubuh kita. Diantara kandungan tersebut adalah minyak atsiri, tanin, sitrat, saponin, steroid triterpenoid dan masih banyak lagi senyawa sitrat dengan kandungan 2 s.d 2,5 persen. 

Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan dan Kecantikan KulitWajah
Jeruk purut memang  identic dengan bumbu sambal lalapan karena aromanya yang khas, namun kami disini bukan untuk membahas itu melainkan untuk membahas manfaat jeruk purut untuk kesehatan dan untuk kecantikan kulit wajah. Langsung aja anda simak dibawah ini.
  • Merawat Kulit Wajah
Tampilan wajah selalu cantik, segar dan sehat merupakan keinginan setiap orang, khusunya bagi mereka kaum hawa. Kadang permasalah pada wajah sering kali mengganggu, seperti wajah kusam, berminyak dan noda bekas noda akibat jerawat. Nah jeruk purut ini sangatlah cocok sekali untuk mengatasi masalah itu, caranya snagat mudah sekali dengan mengiris jeruk purut yang sudah dibersihkan kemudian tempelkan pada bagian wajah yang bermasalah.
  • Mengatasi Kulit Kering
Selain untuk merawat kulit agar tetap sehat , jeruk pururt juga akan menjauhkan wajah anda dari Kuit kering. Caranya juga sangat simple cukup dengan mengoleskan jeruk purut yang sudah di iris ke seluruh permukaan wajah anda. lakukan cara ini secara rutin setiap malam menjelang tidur.
  • Lulur Jeruk Purut
Di dunia kecantikan tentunya tidak lepas dari yang namanya lulur. Nah jeruk purut ini juga bisa diolah menjadi lulur untuk kecantikan. Caranya ambilah kulit jeruk purut, temu giring, dan daun kemuning.  Kemudian campurkan setengah kulit jeruk purut campurkan dengan seperempat temu giring sejari dan daun kemuning. Cara selajutnya haluskan dengan ditumbuk dan dipipih (ditekan-tekan). Setelah itu campurkan beras adem (beras yang sudah direndam dan diganti airnya berkali-kali). Lakukanlah ini satu bulan satu kali karena kalo keseringan bisa menimbulkan efek yang tidak diinginkan. Fungsi lulur ini adalah untuk memperhalus kulit dan mengecilkan pori-pori.
  • Mengatasi Kulit Bersisik dan Mengelupas
Sama halnya sperti lulur yaitu untuk mengatasi masalah kulit yang mengganggu anda. namun kali ini jeruk purut langsung di oleskan pada permukaan kulit anda. caranya sangat mudah ambilah satu butir jeruk purut yang telah matang, dan belah menjadi dua. Kemudian gosok-gosokan pada bagian kulit yang kering dan berisik, diamkan sepeluh menit setelah itu basuhlah menggunakan air hangat. Lakukan cara ini satu kali sehari.
  • Menghilangkan Jerawat
Caranya juga tidak kalah mudah seperti cara yang diatas , pertama siapkan 1 buah jeruk purut matang segar, belah menjadi dua dan peras airnya. Kemudian siapkan 6 lembar daun jeruk purut dan haluskan. Kemudian campurkan air perasan tadi dengan daun jeruk purut yang telah dihaluskan tadi. Nah oleskanlah pada bagian wajah yang berjerawat, diamkan selama kurang lebih 15 meit. Jangan lupa untuk membersihkannya, lakukan cara ini setiap malam.
  • Merawat Rambut dan Menghilangkan Ketombe
Memiliki rambut sehat dan lebat akan membuat kita lebih percaya diri, nah dengan jeruk purut ini rambut kita akan seperti yang diidamkan. Caranya ambilah sari jeruk perut dan balurkan disetiap akar rambut anda, sehingga rambut anda menyerap nutrisi yang di berikan oleh jeruk purut.
  • Menjaga Daya Tahan Tubuh
Pastinya semua orang mengiginkan daya tahan tubuhnya selalu prima agar menjalani aktivitas sehari-hari tetap lancer. Bayangkan aja jika daya tahan tubuh lemah dan masih banyak perkerjaan yang belum selasi akan sangat mengganggu pikiran. Nah dengan mengkonsumsi air jeruk purut daya tahan tubuh kita akan meningkat, karena kandungan vitamin C yang ada dalam jeruk purut akan melawan bakteri atau virus yang menyerang tubuh.
  • Menyegarkan Pikiran
Konodisi dimana kita mendapatkan tekanan dan stress ringan dapat menyerang kita kapanpun. Nah dengan membuat teh dengan campuran daun jeruk purut dan perasan buahnya  akan mengatasi semua maslah itu. Karena kandungan tanin dalam daun buah jeruk purut  bermanfaat untuk menenangkan urat saraf pusat atau otak sehingga khasiat daun jeruk akan membuat otak anda menjadi rileks.
  • Bahan Pembuat Minyak Wangi
Minyak wangi yang dihasilkan oleh jeruk purut adalah meinyak atsiri. Minyak ini dikenal sebagai bahan utama untuk membuat minyak wangi atau parfum dengan aroma yang menyegarkan. Sebgai besar orang sangat menyukai aroma ini karena dapat membangkitkan semangat yang sudah hilang.
  • Mengobati Influenza
Penyakit Influenza ini merupakan penyekit yang menyerang system pernapasan, biasanya para penderita merasakan menggigil, badan sangat lemah dan sangat tidak semangat. Nah dengan buah jeruk purut ini anda bisa mengatasinya, yaitu dengan cara mencampurakan sari jeruk purut dengan panas dan madu sebagai pemanis rasa, minumlah secara perlahan. Selain itu campuran ini juga sangat bermanfaat untuk mempertahankan system kekebalan tubuh anda.
  • Mengobati Batuk
Mengatasi batuk dengan jeruk purut ini caranya sama dengan cara mengatasi penyakit influenza. Jadi sangat mudahkan. Maka dari itu janganlah untuk terburu-buru pergi kedokter lakukanlah hal sangat simple ini.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan, memang bentuk jeruk purut kecil, namun dibalik itu banyak manfaat yang dapat kita ambil darinya. Semoga artikel taentang Mnfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan danKecantikan ini bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar