Rabu, 10 Februari 2016

Khasiat dan Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Ibu Hamil

ManfaatBuah Duku. -Buah duku (Lansium Domesticuk) merupakan jenis buah dari anggota suku Meliaceae denga bentuk kecil dan bulat. Buah ini masih diklasifikasikan dengan beberapa jenis misalnya kokosan, langsat, celoring, pisitan dan yang lainnya, dan merupakan buah khas asli Benua Asia bagian Tenggara ujung Barat termasuk Negara Indonesia. Memang Negara Indonesia ini  merupakan tanah yang subur sehingga banyak sekali tanaman yang tumbuh termasuk buah duku ini.

Rasanya manis dan bentuknya yang kecil unik  membuat buah duku ini  menjadi salah satu buah yang cukup terkenal dan diminati oleh masyarakat Indonesia. Meskipun dapat berbuah dalam satu tahun satu kali buah duku ini sangat di nanti-nanti oleh banyak orang mulai dari nenek-nenek sampai dengan anak kecil sekalipun. Banyak juga yang beranggapan kalo buah ini memiliki rasa yang pahit, memang benar tapi hal ini dikarenakan biji  buah duku ini tergigit.

Biasanya buah duku ini hanya dikonsumsi untuk buah pencuci mulut saja, namun dengan perkembagan jaman sekarang buah duku in ibisa dijadikan sebagai bahan untuk isi pudding, bahan baku untuk selai. Bila buah duku ini masih berwarna  hijau rasanya akan sedikit masam hal ini disebabkan karena buah duku ini masih mentah dan jika sudah warnanya sudah menguning rasanya akan menjadi manis hal ini menunjukan bahwa buah ini sudah matang.

Manfaat buah duku untuk kesehatan
www.Tradisionalkesehatan.com
 Dari rasnaya yang manis ternyata buah duku ini mengandung gizi yang cukup banyak yang pastinya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Dari satu buah duku, anda bisa mendapatkan bebagai macam kandungan gizi seperti kalsium, lemak, karbohidrat, fosfor, protein dan air.  Buah ini juga mengandung Vitmain salahsatunya adalah Vitamin A, B, C dan Vitmain E.
Jumlah Kandungan dalam 100 gram buah duku
No
Kandungan Zat
Jumlah Kandungan
1
Kalori
7 kkal
2
Lemak
0,2 gr
3
Karbohidrat
13 gr
4
Mineral
0,7 gr
5
Kalsium
18 mg
6
Fosfor
9 mg
7
Zat besi
0,9 mg
8
Protein
1,0 gr

Memang manfaat buah duku menjadi pertanyaan bagi sebagian orang. Namun dari kandungan zat yang talah di disebutkan diatas buah duku memili banyak manfaat untuk kesehatan kita, diantarnaya :
  • Mencegah Penuaan Dini
Kandungan Vitamin C pada buah duku sangat bermanfaat sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang akan menyerang tubuh kita. Selebihnya dalam jumlah kecil vitamin c ini mampu melindungi molekul penting seperti protein, livid, asam nukleat dan karbohidrat dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, racun, bahkan dari polusi. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab penuaan dini yang anda takutkan.
  • Menjaga Kesehatan Gusi
Kandungan Vitamin D pada buah duku sangatlah bermanfaat, ya salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan gusi. Didalam mulut kita sangatlah rawan terkena bebagai masalah seperti gusi berdarah, sariawan, dan iritasi, hal ini bisa menyebabkan kita akan malas untuk makan. Dan pada ahirnya kita kekurangan nutrisi untuk memenuhi kebeutuhan kita sehari-hari.
  • Sebgai Antioksidan
Sperti yang telah disebutkan tadi bahwasanya kandungan Vitmain C ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit, ya salah satunya tadi sebagai penjegah penuaan dini. Anti oksidan ini merupakan nutrisi yang dihasilkan dari proses perubahan makanan menjadi energi. Antioksidan ini juga dapat mengurangi kerusakan tubuh yang disebabkan oleh polusi dan zat beracun.
  • Menjaga Kesehatan Kulit
Dengan buah duku kulit kita yang halus ini akan sangat terjaga kesehatannya sebab pada buah duku terkandung Vitmain E. sehingga vitamin E ini akan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet, meningkatkan elastisitas kelembaban kulit, dan dapat mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Menurunkan Berat Badan
Salah satu kandungan yang terdapat pada buah duku ini dapat mengaktifkan senyawa carnitine yang berperan dalam pembakaran lemak tubuh. dari itu dengan metabolisme lemak yang lancer akan sangat efektip dalam menurunkan berat badan, jadi diet yang sedang anda jalani akan lebih mudah.
  • Menguatkan Gusi
Makanan yang kita makan terkadang menyebabkan gigi kita rusak. Namun buah duku dapat mengatasi hal ini. Kandungan fosfor yang terdapat pada buah duku mampu menguatkan gigi ini.
  • Melancarkan Sistem Pencernaan
Kandungan Dietary fiber atau serat yang tinggi pada buah duku bermanfaat untuk melancarkan system pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.  dan kandungan kalori, zat besi dan mineral pada buah duku lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk.
  • Mencegah Kolesterol
Selain sebagai antioksidan kandungan vitamin C pada buah duku juga dapat membantu metebolisme kolesterol menjadi asam empedu yang memiliki implikasi untuk tingkat kolesterol darah dan timbulknya batu empedu.
  • Mencegah Anemia
Kandungan zat besi pada buah duku yang telah disebatkan diatas secara efektif dapat meningkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh dan dapat memperlancar suplai darah, selain itu dapat juga meningkatkan oksigen dengan mudah. Hal ini dapat menyehatkan tubuh dan terhindar dari berbagai gejala anemia seperti lemah, lesu dan letih.
  • Mengembalikan Setamina Tubuh
Rutinitas sehari-hari dapat mengakibatkan berkurnagnya stamina tubuh kita, sehingga tubh akan merasa lemas dan lelah karena kecapean. Namun dengan mengkonsumsi buah duku satamina tubuh yang hilang dapat kembali dengan cepat sehingga tubh akan fit kembali.

Memang Negara Indonesia ini memiliki tanah yang subur sehingga banyak sekali tanaman yang enak dan bermanfaat untuk kesehatan salah satunya ya buah duku ini. Ternyata selain enak dimakan buah duku juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. sehingga sangat dianjurkan jangan segan-segan untuk memakannya. Namun ingat janganlah berlebihan.

Itulah Khasiat Buah Duku untukKesehatan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya. dangan jangan lupa untuk membagikan informasi ini keteman, kerabat, keluarga dan yang lainnya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar