Jumat, 27 November 2015

Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Markisa. -Buah markisa merupakan salah satu tumbuhan yang termasuk dalam genus passiflora yang berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Benua Amerika. Markisa ini dapat kita temukan tumbuh dengan liar dihutan, namun sekarang ini banyak sekali orang yang sudah membudidayakannya. Jadi sangatlah gampang untuk menemukannya.

Di Indonesia banyak sudah  membudidayakan masrkisa sebgai salah satu komoditi yang mampu bersaing dengan buah-buahan yang lain. Ada beberapa jenis markisa yang ditanam di Indonesia salah satunya adalah markisa ungu (Passiflora edulis var.edulis), markisa kuning (Passiflora edulis var. flavicarpa), markisa erbis (Passiflora quadrangularis) dan markisa konyal (Passiflora lingularis). Jadi sangat mudah kita temukan dipasaran.

Buah yang berbentuk bulat ini mempunyai biji berselaput kuning dan mempunyai rasa khas dan berbeda. Aroma buah inipun sangatlah enak dan segar, jadi pantas saja jika buah markisa digunakan untuk bahan utama sirup.

Buah markisa memiliki tingkat keasaman yang tinggi, karena kandugnan vitamin C nya . selain itu buah markisa ini kaya akan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh, seperti Vitmain, energy, mineral, kalsium, fosfor, serat, lemak, zat besi, beta karoten, riboflavin, niasin, asam folat, asam nitrat, asam acrobat, tiamin dan masih banyak lagi. 

inilah Manfaat Markisa untuk Kesehatn
www.tradisionalkesehatan.com

Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan

Tubuh sangat memerlukan asupan nutrisi yang  penting untuk menjaga dari berbagai serangan penyakit. Dengan cara mengkonsumsi buah-buahan dan syur-sayuran kebutuhan nutrisi ini akan terpenuhi. Untuk itu mengkonsmsi buah markisa merupakan salah satu pilihan, baik dikonsumsi dengan cara di jus maupun dimakan langsung.

Dari  kandungan nutrisi yang banyak dalam buah markisa yang telah dibahas diatas, tentunya banyak sekali manfaat. Nah langusng saja inilah manfaat buah markisa untuk kesehatan.
  • Mengontrol Tekanan Darah
Kandungan kalium dalam buah markisa sangat berperan dalam mengontrol tekanan darah anda. kalium merupakan mineral yang  penting dalam tubuh yang berperan sebagai vasodilator. Kalium ini akan menenangkan pembuluh darah dan meningkatkan alirannya. Selain itu kalium juga akan menjaga keseimbangan cairan yang tepat dari sel-sel tubuh. Gerakan antara membrane hanya terjadi pada saluran yang diatur oleh kalium, sehingga mineral yang cukup sangatlah penting. Dengan mengkonsumsi markisa satu porsi setiap hari dapat memenuhi ¼ kebutuhan kalium perharinya.
  • Menyehatkan Pencernaan
Kandungan serat pada buah markisa dapat memenuhi kebutuhan serat harian anda, dengan satu porsi buah markisa dapat memenuhi 98% kebutuhan serat anda. serat ini merupakan zat yang memfasilitasi pencernaan makanan yang sehat dan pengaturan buang air besar. Pada buah markisa ini terdapat serat larut yang baik dalam pulp dan bertindak sebagai pencahar masal, mengerakan makanan melewati pencernaan.
  • Meningkatkan Sirkulasi Darah
Zat besi dan temabaga merupakan komponen penting dari produksi sel darah merah, sehingga memperbesar pembuluh darah, kemudian oksigen dengan lancer bebas mengalir ke daerah-daerah yang diperlukan tubuh, merangsang aktivitas  metabolisme dari semua system organ dan meningkatkan produktivitas.
  • Mengoptimalkan Sistem Imunitas
Kandungan Vitamin C, cryptoxanthin dan karoten merupakan penguat system imun tubuh. Buah markisa juga memiliki lebih dari 100% dari total asupan yang diperlukan Vitamin C untuk diet sehat. Nah semua vitamin pada buah markisa ini berfungsi sebgai antioksidan yang akan mengikat radikal bebas dari tubuh.
  • Menyehatkan Fungsi Mata
Kandungan betakaroten pada buah markisa sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan ketajaman penglihatan.
  • Pencegahan kanker
Dari catatan yang terkait dengan kesehatan system kekebalan tubuh, markisa juga termasuk sumber yang kuat akan aktivitas anti karsinogenetik dalam tubuh. Antioksidan dalam buah markisa terutama untuk menghilangkan radikal bebas yang menyebabkan kanker.  Kandungan Vitamin A, flavonoid dan senyawa fenolik semuanya telah dikaitkan dengan sifat anti-kanker, terutama dalam hal kanker mulut dan paru-paru.
  • Mencegah Anemia
Kandungan zat besi dalam buah markisa ini selain bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, juga bermanfaat untuk mencegah anemia, karena kandungan zat besi dapat membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Dan apabila sel darah kurang dalam tubuh anda, maka tubuh anda akan sering mengalami kelelahan dan pusing.
  • Menurunkan Berat Badan
Buah markis dapat dijadikan pendamping diet yang tepat, hal ini disebabkan pada buah markisa kaya akan serat dan vitamin C serta rendah lemak, sehingga sangat ampuh dalam membantu membakar lemak dalam tubuh anda.
  • Dapat Mengobati Asma
Vitamin C dan zat lain dalam buah markisa dapat memblokir histamine penyebab sama. Nah dengan mengkonsumsi buah markisa dengan rutin sangat baik untuk mengobati sesak nafas anda.

Buah yang memiliki rasa manis sedikit asam ini merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Karena memang mengandung banyak nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Itulah beberapa manfaat buah markisa untuk kesehatan, semoga dengan artikel ini bagi anda yang tadinya tidak suka dengan buah markisa, berbalik suka karena manfatnya yang menakjubkan. Slam sehat dari kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar