Kamis, 19 November 2015

Manfaat Asam Jawa untuk Kecantikan Wajah dan Kesehatan

Manfaat Asam Jawa. -Tumbuhan asam jawa yang memiliki nama latin tamarindus indica termasuk kedalam tumbuhan yang berbuah polong. Buah ini berasal dari Negara Afrika, di Negara kita Indonesia ini umunya tumbuhan ini ditanam di pinggir jalan. Sesuai dengan namanya buah ini hanya satu-satunya yang memilik rasa sama dengan nama tumbuhannya.

Buah asam jawa dikenal sebagai salah satu untuk pelengkap bumbu dapur atau sebagi minuman tradisional. Daging buah ini sering kali dipakai untuk  mengasamkan makanan, manisan, agar-agar dan dijadikan minuman hangat yang menyegarkan.

Buah asam jawa ini memilki daging berwarna putih, namun berubah warna setelah matang menjadi kecoklatan.  supaya tahan lama buah ini sering kali diproses lagi sehingga warnanya menjadi kehitaman.  Dan pastinya daging buah asam jawa memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak diantaranya asam tatrat, sitrat, suksinat, malat dan asetat. Didalam bijinyapun terdapat kandungan phlobatannin dan albuminoid serta pati didalam bijinya.

Dari setiap 100 gram buah polong asam jawa anda akan mendapatkan banyak asupan gizi, salah satunya 2,5 gram protein, 239 kalori, 0,6 gram lemak, 74 miligram kalsium, 62,5 miligram hidrat arang dan masih banyak lagi.

Manfaat buah asam jawa ini tidak hanya untuk bumbu masak, atau penambah rasa asam saja pada makanan, namun dari kandungannya buah asam jawa ini juga bermanfaat untuk kecantikan wajah anda dalam meningkatkan warna kulit wajah anda dan menghapus noda hitam diwajah dalam waktu yang tidak lama. Asam jawa dapat anda gunakan sebgai bahan alami yang ampuh untuk merawat kulit anda.

Berhati-hatilah saat anda melakukan perawatan kulit dengan asam jawa ini, karena tidak semua tipe  kulit wajah cocok menggunakannya. Disarankan utnuk melakukan tes terlebih dahulu dengan mengoleskan asam jawa pada belakang telinga anda. Ini penting karena untuk mendeteksi apakah kulit anda cocok atau tidak menggunakan bahan ini.
Inilah manfaat asam jawa untuk kecantikan kulit wajah
www.Tradisionalkesehatan.com

  •  Mencerahkan Kulit Wajah
Setiap orang tentunya mengidam-idamkan kulit wajah yang bersih, cerah dan bersinar, nah dengan menggunakan asam jawa ini anda semua bisa memilikinya, caranya sangat simple yaitu dengna melarutkan daging buah asam jawa dengan segelas air hangat, kemudian tambahkan sedikt bubuk kunyit, dan aduk sampai rata. Gunakanlah campuran ini untuk masker wajah anda, lalu diamkan selama kurang lebih 15-30 menit, setelahnya bersihkan kembali wajah anda dengan air. Dan terakhir lakukan secara rutin..
  • Menghilangkan Jerawat
Setiap orang tentunya merasa jengkel dengan tonjolan yang ada pada wajah ini, dan jika tonjolan itu hilangpun masih tersisa bercak hitam yang sangat mengganggu penampilan anda. Nah untuk menangani itu semu anda bisa menggunakan ramuan tradisional asam jawa, caranya yaitu : sediakan 12 lemabar daun sambilito, 10 lemabar daun jintan, 10 lembar irisan temulawak, 5 cm kencur, satu sendok the adas dan asam jawa sebesa ibu jari orang dewasa. Kemudian semua bahan tadi dibersihkan terlebih dahulu, lalu tumbuk semua bahan tadi sampai halus, kemudian tambahkan asam jawanya. Setelah itu seduh dengan ait panas, diamkan sampai dingin. Terakhir saringlah ramun tadi dan  minum 3 kali sehari.

Itu merupakan perawatan kecantiakan yang dialkukan dari dalam nah untuk perawatan dari luarnya anda bisa menggunakan 3 biji asam jawa lalu seduh dengan satu gelas air panas dan diamkan sampai dingin. Lalu saring dan gunakan ini untuk mencuci muka saat pagi hari.
  • Mengangkat Sel Kulit Mati
Kulit mati yang masih menempel pada kulit wajah selain mengganggu penampilan juka terasa kasar dan Nampak kusam. Nah untuk menghilangkan noda itu anda bisa menggunakan asam jawa, dengan cara Sediakan daging buah asam jawa, lalau campurkan dengan sedikit yogurt dan garam, aduk hingga rata, dan balutkan pada wajah anda sebagai masker. Dan diamkan selama kurang lebih 20 menit, terakhir bersihkan wajah dengan air hangat. Lakuakan cara ini dengan teratur dan rutin.

Kandungan AHA (alpha, Hydroxy Acid ) yang terdapat dalam daging asam jawa berfungsi mengangkat sel kulit mati di wajah dan dapat mempercepat proses regenerasi kulit anda.
  • Menghilangkan Flek Hitam di Wajah
Flek hitam yang merupakan salah satu masalah cukup bandel ini bisa diatasi dengan menggunakan masker asam jawa. Caranya untuk membuat maskernya yaitu campurkan asam jawa dengan satu sendok teh minyak zitun, aduk sampai merata, kemudian balutkan pada wajah anda sampai rata dan diamkan kurang lebih 15 menitan, setelahnya bersihkan wajah anda dengan air hangat, kemudian disusul dengan air dingin. Laukan ini 3 kali sehari.

Asam jawa memang sering digunakan untuk bumbu masak, namun tidak banyak orang yang tahu manfaat asam jawa untuk kecantikan ini. Cara alami yang tentunya sangat aman untuk digunakan, yang membuat siapapun akan mencobanya. Selain harganya yang murah tentunya hasi yang didapatkan akan lebih baik. Menggunakan bahan yang herbal seperti asam jawa memang sangat dianjurkan, daripada harus menggunakan bahan kimia.

Itulah beberpa manfaat asam jawa utnuk kecantikan yang dapat kami sampaikan pada anda, semoga banyak manfaat yang dapat anda rasakan. Salam sehat dari kami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar