Selasa, 24 November 2015

Manfaat Buah dan Daun Kersen untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kersen. -Buah kersen atau yang bernama latin Muntingia ini merupakan buah yang berukuran kecil. Buah kersen ini dapat kita temui diberbagai wilayah di Indonesia. Biasanya buah kersen akan tumbuh dimana saja, bisa di pinggr jalan, bahkan di depan rumah yang bisa kita jadiakan pohon utnuk peneduh.

Daun kersen terletak mendatar, heulayan daunnya tidak simetris, berseling dengan tepi bergerigi serta ujung yang runcung, dan berwarna hijau muda. Untuk buahnya biasanya berwarna hijau dan berubah warna menjadi merah saat matang, memiliki rasa manis dan tekstur bagian dalam seperti berpasir. Karena ukurannya yang kecil berwarna merah saat matang, buah ini sangat digemari oleh anak-anak kecil.

Buah ini mungkin tidak asing lagi di telinga anda, karena dibeberapa daerah buah ini memiliki nama yang berbeda-beda, ada yang bernama buah baleci, ceri, seri, talok dan masih banyak lagi. Nah kalo di daerah anda apa namanya ?

Menurut penelitian yang dituliskan Julia F Morton di buku Fruit of Warm Climates (1987), terkandung 12 jenis senyawa dalam buah kersen. Dari 100 grm buah kersen terdapat 77,8 grm air, 1,56 gr lemak, 0,324 grm protein, 4.6 grm serat, Vitamin B1 77,8 grm, dan Vitmain C 80,5 gr. Dan kandungan mineral dalam buah ini yaitu kalsium sbesar 124.6 mgr, fosfor 84 mg, zat besi 1.18 mg . kandungan zat lainnya karotin 0.019 mg, niacin 0.554 mg dan riboflavin sebesar 0.037 mg.


Dibalik rasanya yang manis dan ukurannya yang  kecil ternyata terdapat nutrisi yang sangat banyak. Nah dari nutrisi ini tentunya buah kersen ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, apa saja kira-kira manfaat buah kersen ini untuk kesehatan ? yu kita simak lebih lanjut.
 
Inilah Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan

Tentunya semua orang menanti/ mengharapkan manfaat dari apa yang dimakan, nah untuk manfaat buah kersen ini bisa kita simak dibawah ini :
  • Menangkal Radikal Bebas
Kandungan antioksiadan yang banyak pada buah kersen sangat bermanfaat untuk meningkatkan system kekebalan tubuh dalam menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbgai penyakit, slah satunya adalah kanker
  • Mengatasi Hipertensi
Kandungan kalium yang terdapat pada buah kersen ini dapat dipercaya ampuh untuk mencegah dan menormalkan darah, sehingga penyakit hipertensi ini akan menjauh.
  • Antiseptik Pembunuh Bakteri dalam Tubuh
Dengan mengkonsumsi buah dan rebusan daun kersen dengan rutin sangat membantu anda dalam membunuh mikroba yang berbahaya yang dapt m enyerang tubuh anda kapan saja.
  • Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan Vitamin A dalam buah apapun itu dapt menjaga kesehatan mata anda. nah pada buah kersen inipun terdapat kandundungan vitamin A yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata anda.
  • Mencgah Penuaan Dini
Untuk  menjaga kesehatan wajah anda supaya tidak cepat muncul tanda-tanda penuaan, anda bisa mengkonsumsi buah kersen secra rutin. Karena kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah kersen mampu menjaga kesehatan wajah anda.
  • Membantu dalam Menurunkan Berat Badan
Ketika sedang melakukan diet, sering kali kita  mengalami gangguan, salah satunnya kita mudah sekali lapar.. nah konsumsilah buah kersen secara rutin, kandungan karbihidrat yang cukup pada buah kersen ini akan menahan rasa lapar anda lebih lama, sehingga program diet anda akan berjalan dengan lancer.
  • Membantu dalam Menghilangkan Jerawat
Kadang kita sering sekali berpikir bagai mana agar bisa  merawat wajah dengan cara yang sederhana, berbagai macam cara pernah dilakukan, namun semua itu gagal. Jerawat memang hilang namun tidak lama muncul kembali.

Yaitu Dengan cara mengoleskan buah kersen yang telah dihaluskan pada kulit yang berjerawat, lakukan cara ini dengan rutin dan teratur setiap hari. Maka dengan beberpa kali perawatan ini akan mempercepat menghilangkan jerawat anda.

Ternyata meskipun kecil buah kersen ini kaya akan manfaat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mulai dari mencegah, mengobati penyakit sampai menghilangkan jerawat diperoleh dari manfaat buah kersen ini.

Itulah Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan Tubuh yang dapat kami samapaikan. Semoga dengan mengetahui berbagai manfaat buah-buahan yang telah kami sampaikan menjadi infirasi buat kalian untuk lebih mengkonsumsi buah-buahan secara rutin. Dan jangan lupa untuk di dibagikan diberbagai media social agar anda  mendapat manfaat lebih.. salam sehat dari kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar