Minggu, 22 November 2015

Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Ceri. -Buah ceri (Cherry) merupakan buha drupa yang masih berkeluarga dengan  Apel, umumnya berwarna merah kecil. Buah ceri ini berasal dari dunia sebelah utara dan dapat tumbuh di iklim yang hangat atau iklim sedang. Secara luas buah ini sangat tumbuh subur di Amerika, Baltika, Semenanjung Liberia, kanada dan Skandinavia.

Buah kecil merah ini selain enak untuk dimakan juga banyak dimanfaatkan untuk hiasan makana. Selain buahnya, karena keunikan dan keindahan pohon ceri sering dijadikan tanaman hias. Bentuk daunnya yang seperti paying sangat indah dilihat jika diletakan didepan rumah.

Bentuknya yang kecil tidak mengecilkan kandungan nutrisi didalamnya, ada banyak nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh, seperti Vitamin A, Vitmain C, antioksiadan, mineral, anthociyanin dan lain-lain.  Kandungan anthociyanin ini merupakan pigmen yang berwarna merah yang merupakan antioksidan dan bermanfaat untuk kesehatan serta dapat menangkal radikal bebas dan juga dapat mencegah rasa sakit yang memiliki efek lebih dibandingkan daripada aspirin.

Buah merah kecil ini ternyata memiliki banyak manfaat , oleh sebab itu kami kali ini  akan  menginformasikan kepada anda apa saja manfaat dari buah ceri ini.

Inilah Manfaat Buah Ceri
www.tradisionalkesehatan.com
Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan Tubuh
Dari banyaknya makanan yang kita konsumsi pastinya kita membutuhkan manfaatnya. Lalu apa saja manfaat buah ceri untuk tubuh ? langsung aja anda simak dibawah ini.
  • Sumber Antioksidan
Antosianin didalam buah ceri akan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif dengan bermacam cara yaitu dengan melawan radikal bebas secara langsung mengikatnya ke DNA dan mengaktifkan system enzim detoksifikasi dan antioksidan di dalam tubuh.

Antosianin ceri memperlihatkan perlindungan terhadap pembuluh darah dan sel-sel otak, serta diharapkan dapat mencegah asteroskleerosis, penyakit degenerative seperti anemia, dan sel kanker.

Buah ceri kaya akan antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini dan mengurangi stress. Buah ceri juga mengandung senyawa flavonoid atau glikisida yang dapat mencegah penyumbatan darah.

Adanya kandungan senyawa kimia berupa anthocyanin yang ampuh dalam mengatasi atau mengurangi peradangan sehingga berguna untuk mengurangi nyeri sendi, efek dari osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.
  • Mencegah Asam Urat
Sejak tahun 1950an buah ini sudah digunakan untuk mengatasi gejala artritis dan gout atau yang kita kenal dengan nama asam urat. Dan dari berbgai penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi ceri asam dapat menurunkan kadar asam urat dan peradangan salam tubuh.

Penelitian menunjukan bahwa dengan meminum 2 gelas jus ceri asam setiap hari bagi penderita osteoarthritis akan mengalami penurunan infalamasi yang signifikan setelah 3  minggu. Mereka juga mengalami penurunan rasa sakit hingga 20%.

Buah ini pun membantu dalam meredakan nyeri otot setelah olahraga. Terungkap dari penelitian yang telah dilakukan bahwa atlit lari jarak jauh yang minum jus ceri asam selama 8 hari dengan takaran 2 gelas sehari akan mengalami rasa sakit lebih sedikit dibandingkan mereka yang mengkonsumsi placebo.
  • Membantu Mecegah Stroke
Dari penelitian yang dilakukan oleh University of Michigan Healt System terhadap hewan untuk mengetahui efek sari ceri asam terhadap regulasi lemak dan glukosa. Penelitian ini menunjukan bahwa ceri asam selain menyediakan manfaat kesehatan kardovaskular seperti obat-obatan yang biasa diresepkan oleh dokter, ternyata juga dapat  mengurangi resiko stroke.
  • Membantu Tidur lebih Nyenyak
Kandungan Melatonin pada buah ceri memberikan efek menenangkan pada neuron otak dan system nerves sehingga sangat membantu meredakan insomnia dan sakit kepala. Melatonin itu sendiri sebenarnya diproduksi oleh kelenjar pineal didalam tubuh.
  • Menghaluskan Kulit
Ilmuan dari Michigan State University di Amreka Serikat menyatakan bahwa dengan minum 1 gelas jus ceri setiap hari mampu memperlambat proses penuaan. Kandungan antioksidan pada buah ceri merupakan kandungan antioksidan tertinggi. Dan dianjurkan karena jus ceri ini dapat  menghilangkan jerawat.

Buah ceri ini memang kecil namun dibalik itu semu terdapat manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Nah dari itu mulai dari sekarang setelah membaca artikel ini anda menjadi lebih suka pada buah kecil ini.

Itulah sedikit ulasan tentang "Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan", semoga artikel kami ini memberikan banyak manfaat untuk anda, dan jangan lupa untuk membagikannya diberbagai social media . salam sehat dari kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar