Minggu, 02 Agustus 2015

Tips Cara Membuat Jus yang Benar, Sehat dan Tepat

Tips Membuat Jus. -Minum jus merupakan satu hal untuk menambah asupan buah dan sayur segar akan kebutuhan serat, vitamin maupun mineral disepanjang harinya. Jason Vale, seorang penulis dan lifestyle coach yang kerap dijuluki Juice Master mengatakan, "Banyak orang tidak mengonsumsi cukup sayur dan membuatnya jadi jus adalah cara yang baik untuk mendapatkan nutrisi penting bagi tubuh. Kalau Anda tidak mau memakannya, ya diminum saja."

Ketidak tepan cara membuat jus seringkali terjadi, justru mengurangi vitamin dan seratnya. Kebanyakan orang hanya mengambil sari dari jus buah atau sayur dan membuang ampasnya. Justru pada ampasnyalah terdapat banyak serat yang kita butuhkan untuk tubuh. dan sebenarnya pada sari yang sering kita minum umumnya hanya mengandung air, gula dan sedikit vitamin. Untuk itu kami mau berbagi cara dari Jason bagaimana membuat jus sayur maupun buah yang tepat dan sehat, yang dikutip dari female first.

Tips Membuat Jus yang Benar, Sehat dan Tepat
Tips Membuat Jus yang Benar, Sehat dan Tepat


Langkah pertama :

Belilah juicer, food processor atau blender dengan kualitas yang baik, karena pada dasarnya alat yang berkualitas tinggi akan menghasilkan makanan atau minuman yang bagus dan sehat pula. Juicer yang berkualitas akan memproses buah maupun sayur sampai halus sehingga tidak perlu untuk disaring lagi dan tidak pula meninggalkan rasa kasar saat meminumnya.

Langkah kedua :

Harus pintar dalam memilih buah atau sayuran yang perlu kulitnya dikupas atau tidak. banyak buah yang menyimpan nutrisinya pada kulit atau dibawah kulitnya, seperti apel, pir, anggur, ketimun, tomat dan beetroot. dan hal yang penting pastikan anda mencuci bersih terlebih dahulu. sedangkan buah yang memang mesti dikupas kulitnya seperti wortel, jeruk, grapefruit, pisang, mangga.

Untuk memperoleh jus secara optimal dari konsumsi jus buah dan sayuran, jus harus diminum segera setelah pembuatannya, dan tidak disarankan untuk disimpan sepanjang hari.

Penyimpanan dan pengawetan jus menyebabkan jus terkena oksigen dan teroksidasi, maka akibatnya jus akan kehilangan sebagian besar vitamin yang terdapat pada jus dan dapat kehilangan antioksidan yang banyak diinformasikan merupakan kandungan unggulan dari jus.

Konsumsi jus untuk tujuan kesehatan atau penyembuahan penyakit tidak boleh menambahkan gula atau garam. Jika rasa jus kurang enak dapat ditambahkan dengan jus dari bahan lain yang rasanya llebih enak dan segar misalnya jus lemon.

Bahan baku yang dipakai untuk membuat jus harus segar . Sebelum dijadikan jus buah harus dicuci benar-benar bersih dan buah atau sayuran dikupas untuk menghilangkan residu pestisida dan lapisan lilin yang dioleskan dikulit buah kemudian  diiris-iris. Jika kulit tidak keras, sebaiknya kulit tidak dikupas karena terdapat banyak vitamin didalamnya.

Setelah diiris-iris, potongan buah segera dimasukan kedalam juicer. Juicer merupakan alat yang paling baik untuk membuat jus karena dapat menghaluskan serat dan kulit dari buah dan sayuran. Jika tidak ada juicer, anda dapat membuatnya secara manual yaitu dengan cara diperas atau dilumatkan menggunakan belender.

Resep Jus Jamworlen

Jus ini merupakan kombinasi dari buah jambu, wortel dan melon yang mengandung antioksidan tinggi , sangat bagus terutama bagi para perokok atau kita ingin terhindar dari asap rokok.

Bahan  :

-1 buah jambu biji
-1 buah wortel
-¼ melon

Cara membuat :

Cuci bersih semua bahan dan buang kulitnya. Potong sesuai keinginan kemudian ambil sarinya menggunakan juicer. Tuangkan kedalam gelas, dan tambahan es batu lebih enak.

Sekian yang kami informasikan tentang tips untuk menyajikan jus secara tepat dan sehat . semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Baca juga artikel terbaru Kahsiat dan Manfaat Jus Terbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar