Minggu, 02 Agustus 2015

khasiat dan Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan. -Malicus domestica atau yang kita kenal dengan Buah Apel adalah tumbuhan buah yang memiliki kandungan air yang banyak untuk memberikan rasa segar dan manis saat kita memakannya. Buah apel ini memiliki pariasi warna yang berbeda sesuai jenis dari apelnya, ada yang berwarna merah, hijau dan kuning. Menurut sebagaian ahli, apel ini merupakan tumbuhan pertama yang menjadi cocok tanam dalam pertanian, dan buah-buahnya dengan proses yang  memakan ribuan tahun.

Buah apel ini akan tumbuh subur pada daerah iklim yang dingin, tetapi bukan berari di daerah tropis buah ini tidak bisa tumbuh. Karena Asia Tengah adalah negara-negara yang pertama kali menanam pohon apel.

Kini banyak berbagai macam olahan apel yang dimasak seperti saus apel dan masih banyak lagi. Tetapi kebanyakan orang memakan buah ini saat kondisi mentah, para ahlipun sangat menganjurkan hal ini. Tidak heran banyak orang yang suka dengan buah apel, karena kndungan nutrisi didalamnya yang begitu melimpah.

Buah apel mengandung Vitamin C, flavonoid dan polifenol yang bermanfaat sebagai anti oksidan, dan melindungi tubuh dari berbagai bakteri dan virus yang dapat membahayakan tubuh kita. Kandungan Beta-karoten (Vitamin A) Mampu menetralisir sel kangker dan menurunkan kolesterol.

Kandungan Nutrisi Buah Apel

Kandungan nutrisi buah apel

Dari banyaknya nutrisi yang terkandung dalam buah apel ini, tentunya buah apel memiliki banyak manfaat bagi tubuh anda. seperti yang dilansir oleh Style Craze, langsung aja simak dibawah ini.

Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh
www.tradisionalkesehatan.com


  • Manfaat buah apel untuk menurunkan Kolesterol

Buah apel mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan memperbanyak Kolesterol yang baik. Hal ini karena buah apel kayaa akan serat larut yang fungsinya bersaingan dengan lemak dalam usus. Kedua fungsi nutrisi yang saling bersaingan tersebut mengakibatkan penurunan penyerapan LDL (low Density Lipoprotein) atau yang disebut dengan kadar kolesterol jahat serta dapat melebihkan produksi kadar kolesterol baik (High Densrity Lipoprotein) yang sangat diperlukan oleh tubuh kita.

Dengan mengkonsumsi 2 buah apel setiap hari dengan rutin dipercaya dan sudah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah anda. lemak yang jahat dapat berkutrang sebanyak 16% .

  • Manfaat buah apel untuk mengendalikan gula darah

Tingginya kandungan serat larut dan pektin yang berperan sebagai pengendali kadar gula darah dalam tubuh dengan mengakut gula darah ke dalam aliran darah dengan tempo yang lebih lambat. Karen inilah buah apel dapat menepis radikal bebas oksigen yang akan berakibat besar menyebabkan diabetes.

Mengkonsumsi setidaknya satu buah apel setiap harinya dapat memperkecil terserang penyakit diabetes tipe 2 hingga 28% dibandingkan wanita yang tidak mengkonsumsi apel.

  • Manfaat buah apel untuk mengobati asma

Masalah yang menyerang pernapasan ini telah mengidap banyak orang, tidak mengenal anak-anak maupun orang dewasa. Nah untuk mengobati penyakir tersebut anda bisa  menggunakan buah apel. Karena kandungan fitokimia dan polifenol yang dapat membantu mengobati asma. 

Hasil dari penelitian bahwa anak-anak yang terbiasa mengkonsumsi jus apel dengan rutin dapat menurunkan risiko serangan asma dan masalah pernapasan lainnya. 

  • Manfaat buah apel untuk mencegah kanker

Para ilmuan American Association for Cancer Research sepakat memberikan pernyataan bahwa kandungan flavonoid yang sangat banyak pada buah apel dapat membantu menurunkan risiko penyakit kanker pankreas yang mencapai 23%.

Kandungan senyawa triterpenoid  pada kulit buah apel juga melengkapi kinerja flavonoid untuk mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Hal ini telah diidentifikasi oleh para peneliti dari Cornell University. Maka dari itu jika anda memakan buah apel janganlah samapi membuang kulitnya.

  • Manfaat buah apel untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu kandungan antioksidan pada buah apel , tepatnya quercetin dapat meningkatkan sistem imun manusia  untuk membangun benteng pertahanan alami menghadang virus penyebab penyakit. serta kandungan vitamin C dan serat yang bersipat anti-inflasi membantu kerja quercein menjdi lebih ringan. Sehingga tak heran para ahli menganggap apel sebagai buah pemacu imunitas tinggi.

  • Manfaat buah apel untuk mengeluarkan racun

Makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari tentunya terdapat racun dalam hati, apabila dibiarkan begitu saja dan menumpuk akan merusak fungsi hati dan bahkan akan menimbulkan penyakit lain.

Nah salah satu langakah yang paling mudah dan sederhana  yang dapat kita lakukan adalah dengan mengkonsumsi buah-buhan yang mengandung serat, vitamin mineral yang tinggi seperti buah apel ini.  Buah apel akan mendetoksifikasi racun yang ada dalam hati. 

  • Manfaat buah apel untuk memutihkan gigi

Buah apel merupakan pasta dan sikat gigi alami yang merupakan rahasia gigi putih para dokter. Dari itu jika anda ingin memiliki gigi puith seperti para dokter , rajinlah memakan buah apel di waktu luang anda.

  • Manfaat buah apel untuk mencegah penyakit wasir

Penyakit wasir merupakan penyakit pembuluh darah yang mengalami pembengkakan akibat adanya tekanan lebih yang membebani pangguk dan dubur. Nah untuk membantu dalam mengatasi penyakit ini anda bisa mengkonsumsi makanan yang tinggi serat, salah satunya seperti apel.

Tak heran semua orang menyukai buah apel, karena selain segar dan manis buah apel juga memiliki manfaat yang sangat banyak. Dari itu bagi anda yang sedikit tidak senang akan buah apel, semoga dengan artikel tentang manfaat buah apel untuk kesehatan ini bisa mendorong anda menyukai buah apel.

Terimakasih atas kunjungan anda ke blog kami, dan semoga anda mendapatkan banyak manfaat. Salam sehat untuk semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar