Senin, 10 Agustus 2015

5 Makanan yang Dapat Mencegah Peradangan Pada Tubuh

Iritasi ataupun infeksi pada tubuh seseorang akan menyebabkan terjadinya peradangan. Peradangan terjadi untuk memulihkan kondisi tubuh seperti semula, akan tetapi proses pemulihan biasanya membuat tubuh terasa sakit dan menyiksa. Peradangan biasanya terjadi disertai dengan tanda-tanda berikut seperti nyeri, demam dan rasa sakit lainnya yang membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Sungguh menyenangkan apabila proses peradangan dapat dicegah atau dapat diminimalisir. Berikut adalah beberapa hal yang dapat mencegah terjadinya peradangan pada tubuh:

1.Ikan yang mengandung omega-3
Omega -3 sangat penting yang dibutuhkan oleh tubuh yang dimana tubuh tidak bisa menghasilkan sendiri asam lemak tersebut. Maka dari itu harus mengkonsumsi makanan yang dapat menghasilkan omega-3. Makanan yanga mengandung omega-3 seperti ikan salmon, mackerel, tuna, dan sarden. Selain itu kandungan minyak ikan yang terdapat pada ikan tersebut juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan dapat mencegah terjadinya peradangan.



2.Sayuran Hijau
Sayuran hijau sangat bermanfaat bagi tubuh karena memiliki banyak manfaat. Kandungan vitamin E yang terdapat pada sayuran hijau dapat mencegah terjadinya peradangan atau inflamasi. salah satu sumber terbaik vitamin E adalah bayam, dan brokoli .sayuran hijau juga memiliki konsentrasi yang lebih tinggi vitamin dan mineral seperti kalsium, besi, dan melawan penyakit fitokimia.

3.Kedelai
Siapa sangka kacang kedelai dapat mencegah terjadinya peradangan, kandungan isoflavon yang terdapat pada kedelai berperan penting untuk mencegah peradangan terutama terhadap wanita.

4.Yoghurt
Yoghurt selain sebagai sumber probiotik yang baik untuk menjaga kesehatan usus juga dapat mencegah peradangan yang terjadi pada usus. menurut Karen H. Costenbader, MD, Profesor Kedokteran dan rheumatoid arthritis dokter di Harvard Medical School bahwa "Makanan dengan kalsium dan vitamin D, seperti yoghurt dan susu skim, baik untuk semua orang,". Selain sifat anti-inflamasi, katanya, "sangat penting untuk mendapatkan cukup kalsium dan vitamin D untuk kekuatan tulang, dan mungkin pencegahan kanker dan risiko kesehatan lain."

5.Tomat
Kandungan likopen pada tomat sangat penting untuk mencegah terjadinya peradangan pada tubuh terutama pada paru-paru. Tomat yang dimasak akan lebih banyak mengandung likopen daripada tomat mentah. 

Demikian 5 makanan yang dapat mencegah terjadinya peradangan pada tubuh, semoga dengan mengkonsumsi makanan tersebut kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar