Jumat, 11 Desember 2015

Video Ini Ungkap Cara Cepat Menenangkan Bayi Rewel



Setiap orang tua pasti tahu bagaimana sulitnya menenangkan bayi yang terus saja menangis. Apa lagi jika sedang berada di tempat umum yang membutuhkan ketenangan, jika bayi terus saja memangis maka orang di sekitarnya terganggu. Namun ada sebuah kejutan bagi orang tua yang kerap kali berada di situasi ini, sebuah video mengungkapkan bagaimana teknik menenangkan bayi yang menangis dengan sangat cepat.

Sebuah video yang menyebar luas di internet belakangan ini menunjukan bagaimana seorang dokter menenangkan bayi yang menangis hanya dalam beberapa detik, jutaan orang tua akan dengan senang hati menyebarkan tips ini.


Dr Robert Hamilton pendiri Pacific Ocean Pediatrics in Santa Monica di California mengunggah sebuah video di situs youtube pada hari minggu lalu, dan video itu telah disaksikan oleh lebih dari dua juta kali.

Pada video tersebut, Dr Hamilton mendemonstrasikan teknik yang disebut The Hold, yang mana termasuk melipat tangan bayi secara bersamaa ke depan dada dan menahan bagian bokong dengan telapak tangan. Posisi ini akan menahan bayi pada 45 derajat. Dalam posisi ini bayi akan digoyangkan ke depan dan ke belakang perlahan-lahan.

“Teknik ini dilakukan dengan sangat lembut.” Kata Dr Hamilton di dalam video itu, “Jangan dilakukan dengan cara yang kasar.”

Pada deskripsi video ini dituliskan, “Teknik ini telah dimanfaatkan oleh Dr Bob untuk menenangkan bayi selama kunjungan kerja, banyak orang tua yang telah mempelajarinya dan merasakan sendiri kesuksesan besar di rumah dan anda dapat melakukannya juga.”

CBC news melakukan percakapan dengan Christine Chambers, seorang profesor di Dalhousie University in Halifax tentang teknik yang luar biasanya ini. “Video ini menunjukan sebuah variasi strategi penanganan bayi bernama facilitated tucking.” Ia mengatakan. Facilitated tucking adalah cara penanganan bayi yang juga berada di posisi tertekuk. Biasanya diapikasikan di boks bayi dan incubator dari pada di udara terbuka.

“Ada beberapa bukti kuat bahwa facilitated tucking adalah cara yang efektif dalam mengurangi rasa sakit dan kesulitan bayi setelah menjalani prosedur yang menyakitkan, tetapi cara ini tidak seefektif menyusui yang mana aktivitas kulit dengan kulit, dan sukrosa. Semua itu sudah dibuktikan benar sebagai strategi pengonrol rasa sakit pada bayi.

Menurut pendapat Chambers, bayi di dalam video itu mungkin sedang bereaksi pada pengalaman baru, dan sayangnya ketenangan ini tidak akan bertahan lama. Namun, untuk para orang tua yang memiliki permasalahan dengan bayi mereka dapat mencoba cara ini.

“Saya pikir media sosial bisa menjadi alat yang bermanfaat untuk mengajari para orang tua langsung dengan bukti informasi konkret dengan cara yang menyenangkan dan menarik sambil melakukan managemen rasa sakit pada anak.” Ujar Chambers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar