Jumat, 18 Desember 2015

Manfaat dan Khasiat Buah Anggur untuk Kecantikan dan Kesehatan

Tentu banyak sekali referensi tentang manfaat buah anggur untuk kesehatan yang bisa and abaca, baik itu dari media cetak maupun media online. Sebelum kita membahas tentang manfaatnya, mari kita bahas sedikit ulasan tentang buah anggur.

Buah anggur merupakan tanaman berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam  keluarga Vitaceae. Tumbuhan ini akan hidup dengan baik pada daerah dataran rendah dan memerlukan musim kemarau panjang berkisar 4-7 bulan.  Sejak tahun 4000 SM teapatnya di Timur tengah buah ini sudah dibudidayakan. Penyebaran buah ini berkembang dengan pesat dengan adanya Colombus yang membawa buah ini mengelilingi dunia.

Semua orang tentunya sudah mengenal buah yang satu ini, karena selain enak dikonsumsi juga sangat menyegarkan dan juga terbilang mahal. Anggur ini bisa langsung kita konsumsi langsung ketika sudah matang. Namun Sesuai perkembangan jaman banyak orang yang mengkonsumsi buah ini dalam bentuk olahan seperti jus, minyak dari biji anggur, minuman anggur, jeli anggur dan kismis.

Dibalik rasanya yang manis dan menyegarkan, buah anggur ini banyak senyawa yang terkandung didalamnya seprti metabilit sekunder terutama golongan flavonoid dan antosianin serta resvelator. Dari penelitian lain yang terungkap bahwa senyawa aktif dalam buah anggur mampu meningkatkan kerja sel endothelial yang berperan dalam memperlancar aliran darah dalam arteri yang terkait dengan aktivitasnya terhadap sel-sel otot halus.

Selain itu didalam buah anggur juga terkandung banyak vitamin yang sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh. seperti Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12, C dan Vitamin K. selain itu juga masih banyak nutrisi yang terkandung dalam buah anggur ini seperti protein, lemak, karbohidrat, mangan, fosfor dan masih banyak lagi.

Nilai Nutrisi dalam 100 gram Buah Anggur
1
Energi
288 kJ (69 kcal)
2
Karbohidrat
18.1 g
3
Lemak
0.16 g
4
Protein
0.72 g
5
Tiamin (B1)
0.069 mg
6
Riboflavin (B2)
0.07 mg
7
Niasin (B3)
0.188 mg
8
Asam Pantotenat (B5)
0.05 mg
9
Vitamin B6
0.086 mg
10
Asam Folat (B9)
2 µg
11
Vitamin B12
0 µg
12
Vitamin C
10.8 mg
13
Vitamin K
22 µg
14
Kalsium
10 mg
15
Besi
0.36 mg
16
Magnesium
7 mg
17
Mangan
0.071 mg
18
Fosfor
20 mg
19
Kalium
191 mg
20
Natrium
3.02 mg
21
Zink
0.07 mg

Diblaik kandungan nutrisi yang sangat banyak pada buah anggur tentunya akan me unjang kesehatan kita. Apapun jenis anggurnya, entah itu yang berwarna merah ataupun hijau, keduanya sama-sama menyehatkan jika dikonsumsi secara rutin. Untuk lebih jelasnya ini dia manfaat buah anggur untuk kesehatan.
  • Mencegah Kanker Payudara
Kandungan zat kimia yang bernama reservatol bermanfaat dalam menghambat tumor atau sel kanker dalam tubuh kita. Senyawa ini sebetulnya lebih menguntungkan wanita dalam hal mencegah penyakit kanker payudara.
  • Meringankan Sakit Kepala Sebelah
Jika anda tiba-tiba kepala anda mencengkram mengganggu aktivitas anda, jangan buru-buru minum obat. Cobalah dengan buah anggur ini, dengan membuat jus anggur tanpa tambahan air sakit kepa anda akan segera hilang.
  • Mencegah Rambut Rontok
Ekstrak buah anggur yang telah diramu oleh pakar kecantikan berfungsi menjaga kesehatan rambut dan menjauhkan dari resiko kerusakan rambut. Hal ini dibenarkan oleh para peneliti, karena dalam buah anggur terdapat antioksidan yang akan membantu melancarkan peredaran darah ke kulit kepala sehingga tambut akan jauh lebih sehat dan kuat.
  • Mengobati Sembelit
Sembelit atau konstipasi merupakan kondisi dimana system pencernaan manusia tidak dapat mengolah unsur makanan yang  mengandung serat lebih atau memiliki partikel subtansi yang sulit dihancurkan, sehingga zat sisanya yang tidak keluar. Sehingga ketika anda BAB akan mengejan lebih keras dan hasil nihil. Nah untuk itu cobalah dengan meminum jus anggur ketika anda mengalami hal ini. Kandungan nutrisinya yang ada didalamnya akan membantu mencerna makanan lebih setabil dan lancer.
  • Mencegah Penyakit Jantung
Mengkonsumsi buah anggur akan meningkatkan tingkat oksida nitrat dalam darah, sehingga bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi resiko penyakit jantung. Serta antioksidan dalam buah anggur dapt menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.
Selain bermanfaat untuk kesehatan bauh anggur juga sangat bermanfaat untuk kecantikan, yaitu untuk mengencangkat kulit, mengurangi minyak pada wajah, memutihkan gigi, mempercantik kuku dan sebagainya.
  • Menghilangkan Kerutan pada Wajah
Seorang ahli kesehatan kulit menyatakan bahwa minyak dari biji anggur sangat kaya akan antioksidan dan asam lemak esensial yang dapat membantu wajah tampak awet muda. Caranya, dengan mengoleskannya di area wajah yang mulai berkerut.
  • Memutihkan Gigi
Kandungan asam malat pada buah anggur dapat menghapus noda pada gigi serta perubahan warna pada gigi secara alami.
  • Menghilangkan Flek Hitam/Noda Bekas Jerawat
Ambil buah anggur secukupnya, kemudian belah menjadi dua bagian dan oleskan pada wajah diamkan selama 30 menit. Setelah mulai kering dan terasa lembab lakukan pijitan pada wajah ( seperti peeling). Nah sel-sel kulit mati yang ada pada wajah akan terangkat bersama masker anggur tersebut.

Lakukan cara ini minimal saru kali dalam seminggu, selain akan membuat wajah anda bersinar dan lembab, wajah anda akan terbebas dari bahaya kimia uang terkandung dalam permbersih wajah. Masker alami ini akan menggantikan sleansing milk dan toner anda. dan laukan secara rutin.

Selain enak ternyata buah anggur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Mulai dari mengobati damapai menjaga kesehatan anda. nah mungkit itu yang bisa kami informasikan kepada anda mengenai ManfaatBuah Anggut untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar