Sabtu, 12 Desember 2015

Khasiat dan Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan Ibu Hamil

ManfaatBuah Lec. -Buah leci (Litchi Chinensis Sonn) Merupakan buha yang berasal dari dataran China, dari Family Sapindaceae. Sikecil kejat ini sangat  bermanfaat untuk kesehatan. Di China buah leci disebut King of Fruit atau rajanya buah yang sering dipersembahkan untuk kaisar sekitar tahun 2000 SM.  Kemudian buah ini menyebar ke Burma dan India stelah 100 tahun. Dan sekarang buah leci sudah menyebar ke seluruh Dunia.

Di Indonesia buah yang kecil mungil ini sudah sangat popular keberadaannya. Kebanyakan ornag memanfaatkan buah leci untuk dijadikan minuman seperti jus dan campuran sup buah. Keberadaan buah leci ini sangat mendunia kita bisa meneukannya di berbgai negera asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina dan Negara lain di Asia.
Secara bentuknya buah leci ini mirip dengan buah strawberyy, bedanya pada buah leci terdapat biji yang cukup besar dan diselimuti daging buahnya. Jika kita lihat sekilas buah ini dekat sekali dengan buah lengkeng mempunyai rasa yang manis dan berbiji, namun kulit buah leci lebih halus. Dan bedanya lagi buah leci berwarna hijau ketika masih muda dan berubah warna menjadi merah keciklatan ketika sudah matang.
Harus anda ketahui bahwa sekitar 9 buah leci dapat memenuhi kebutuhan Vitmain C harian hingga 100%. Karena sebenarnya buah leci ini merupakan salah satu buah dengan kandungan Vitmain C tertinggi. Dari 100 gr daging buah leci terkandung vitamin C sebanyak 72 gr atau 40% lebih banyak dari kandungan pada buah jeruk. Selain itu buah leci ini mengandung tembaga, setar, vitamin B6 dan potasium.
Inilah Khasiat dan Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan Ibu Hamil
www.tradisionalkesehatan.com
Rasanya yang manis yang berkombinasi dengan rasa asam dan sedikit sepat membuat tubuh terasa segar jika  mengkonsumsinya. Sikecik ini juga suka seiring dijadikan sebagai tambahan olahan makanan lainnya seperti salad, es, kue dan minuman lainnya yang telah disebutkan diatas.

 Dari 100 gram buah leci
NO
Nutrisi
Nilai GIzi
1
Energi
66 KC
2
Karbohidrat
16.53 g
3
Gula
15.23 g
4
Serat
1.3 g
5
Protein
0.83 g
6
Vitmain B1
0.011 mg
7
Vitamin B2
0.065 mg
8
Vitamin B3
0.603 mg
9
Vitamin B6
0.10 mg
10
Vitamin B9
14 mg
11
Vitamin C
71.5 mg
12
Kalsium
5 mg
13
Magnesium
10 mg
14
Mangan
0.055 mg
15
Fosfor
31 mg
16
Kalium
171 mg

Selain dari rasanya yang manis menyegarkan, tentunya dari kandungan nutrisi yang banyak buah leci ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan.
  • Meningkatkan Fungso Jantung
Begitu pentingnya bagi kita untuk menjaga kesehatan jantung, karena jantung merupakan salah satu organ terpenting yang diberi tugas untuk menyediakan oksigen ke seluruh tubuh dan membersihkan hasil dari metabolism yang berupa karbindioksida. Nah slah satu cara yang dapat kita lakukan adalah cukup dengan mengkonsumsi buah leci sudah mengurangi resiko kerusakan jantung anda.
Kandungan senyawa polifenol pada buah leci berfungsi untuk menopang fungsi jantung supaya tetap setabil dan juga berperan dalam kegiatan menetralisir tekanan darah dalam tubuh serta menstabilakn detak jantung.
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh (Imunitas)
Lemahnya sistam imunitas tubuh akan menyebabkan rentannya terjangkit bebagai penyakit. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya vitamin C dalam tubh. Nah dengan mengkinsumsi buah leci secara rutin dapat memperkuat system imun dan juga dapat menjauhkan dari panyakit seperti demam dan flu.
  • Mencegah Kanker
Kandungan Flavonoid yang terdapat pada buah leci ini merupakan senyawa khusus yang mampu mencegah beberapa jenis kanker. selain itu buah leci juga memberikan quercitin dan kaempfenol yang bermanfaat penetralisisr tersebarnya sel-sel kanker.
  • Memperkuat Struktur Tulang
Kalsium merupakan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk memperkuat, memadatkan dan mencegah tulang dari pengeroposan, sayangnya kalsium tidak ditemukan pada buah leci. Namun hasil dari penelitian terdapat senyawa fosfor dan magnesium pada buah leci, nutrisi ini juga sangat baik untuk memperkuat tulang.
  • Membersihkan Saluran Pencernaan
Ketika makanan diproses oleh tubuh sering kita merasakan sakit perut, hal ini disebabkan adanya sisa racun dan bekteri yang dibawa makanan. Buah leci mempunyai sifat astringent yang bisa membersihkan saluran pencernaan dari berbgai jenis bakteri yang menempel pada makanan yang kita konsumsi.
  • Mencerahkan Kulit
Memiliki kulit putih halus dan sehat tentunya menjadi dambaan semua orang. Sejumlah nutrisi berupa vitamin pada buah leci berfungsi khusu dalam melancarkan aliran darah sehingga membuat kulit tampak cerah dan terlihat awet mud. Dan jerawat yang mampir diwajah anda bisa diusir dengan mudah oleh buah leci ini.
  • Mencegah Anemia
Kandungan tembaga pada buah leci memiliki kontribusi yang sehat untuk tubuh, termasuk dalam membantu tubuh menyerap zat bersi dan membuat sel-sel darah merah.  Maka dari itu konsumsilah buah leci secara rutin.
  • Melawan Stres
Kandungan vitamin B pada buah leci sangat baik untuk melawan stres. Cukup dengan satu cangkir buah leci dapat memberikan vitmin B6 dalam jumlah banyak.

Buah dengan bentuknya yang kecil ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan berbgai kandungan didalamnya buah ini pun sagat disenangi oleh banyak orang. Maka dari itu kita harus rutin mengkonsumsi buah-buahan setiap harinya dalam rangka menjaga kesehatan tubuh.

Nah itulah Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan yang dapat kami informasikan untuk anda semoga banyak memberikan manfaat dan jangan lupa untuk membagikannya diberbgai social media anda. salam sehat dari kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar