Selasa, 15 Desember 2015

Khasiat dan Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Sawo. -Buah sawo atau sapota (Manilkara zapota) adalah buah tanaman tropis dengan kulit berwarna cokelat dan termasuk tanaman khas Nusantara, dan termasuk tumbuhan yang berumur panjang. Sawo memiliki daging lembut ketika masak dengan rasa manis dan lezat. Kepopulerannya sama dengan buah-buah lainnya seperti manga, pisang, nangka dan buah lainnya.

Meksiko tepatnya Guatemala dan juga Hindia barat adalah merupakan Negara asal buah sawo. Kemudian dibawa oleh penjajah sepayol, akhirnya buah ini sampai ke Filipina yang kemudian menyebar keseluruh Negara Asia Tenggara, termasuk Negara kita Indonesia ini. Sangatlah tidak heran jika jenis buah ini dikenal dengan sebutan sawo manila.

Semua orang pasti mengetahui buah yang satu ini, karena buah ini sangat akrab dikalangan masyarakat. Namun buah sawo hanya bisa kita temukan di beberapa pasar tradisional dan itu juga pada musim-musim tertentu saja. Untuk harga buah sawao sangtlah terjangkau untuk semua kalangan. Dan terkadang masyarakat menyajikan buah ini sebagai buah meja, dan menjadikan sawo sebagai makanan olahan seperti serbat, menjadi campuran es krim, menjadikannya selai dan makanan lainnya.

Inilah Manfaat Buah Sawa untuk Kesehatan
www.tradisionalkesehatan.com
Dari arasanya yang manis ini tentunya banyak nutrisi yang dapat kita proleh jika memaknnya. Beberpa kandungn itu salah satunya seperti energy, protein, kalsium, lemak, karbohidrat, fosfor, dan zat bersi. Selain itu pada buah sawo juga terdapat banyak vitamin seperti vitamin A, B1, C dan Vitamin E. tantunya kandungan nutrisi ini sangatlah dibutuhkan oleh kesehatan tubuh kita.

Dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
Kandungan Nutrisi Buah Sawo Dari 100 Gram Dagingnya
NO
Kandungan Nutrisi
Jumlah Kandungan
1
Energi
92 kkal
2
Protein
0,5 gr
3
Lemak
1,1 gr
4
Karbohidrat
22,4 gr
5
Kalsium
25 mg
6
Fosfor
12 mg
7
Zat Besi
1 mg
8
Vitamin A
60 IU
9
Vitamin B1
0,01 mg
10
Vitamin C
21 mg

Dari kandungan nutrisi yang telah kami sebutkan di atas tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan dan mencegah berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh, inilah manfaat buah sawo untuk kesehatan.
  • Baik untuk Ibu Hamil
Seorang ibu yang sedang hamil tentunya akan merasa cepat lelah dalam menjalankan aktiviasnya, karena tenaga yang ia miliki harus dibagi dua dengan sibayi yang sedang dikandungnya.  Maka dari itu ibu yang sedang mengandung sangatlah membutuhkan tambahan Vitamin C untuk meningkatkan ketahanan tubuhnya. Mengkonsumsi buah sawo merupakan pilihan yang tepat karena buah sawo sangat banyak mengandung Vitamin C yang ibu hamil butuhkan.
  • Memelihara Kesehatan Tulang dan Gigi
Kandungan Kalsium dan fosfor dalam buah sawo sangat tinggi, sehingga jika kita mengkonsumsi buah sawo ini akan sangat membantu dalam memelihara dan menjaga kekutan tulang dan gigi.  Tulang yang sehat merupakan keinginan yang sangat berharga untuk kita dihari tuan nanti. Tapi periu diingat meskipun buah sawo ini kaya akan fosfor dan kalsium, tidak diajurkan untuk dimakan oleh balita. Karena akan mengganggu system pencernaannya.
  • Sangat Baik untuk Perkembangan Anak
Jika anak anda menginjak usia 6 tahun sudah bisa kita berikan buah sawo ini untuk dikonsumsi. Hal ini akan sangat membantu dalam proses pertumbuhan anak. Karena pada buah sawo terdapat banyak protein nabati. Nah jadi anda tidak usah ragu lagi jika anak anda sudah menginjak usia 6 tahun untuk segera memberinya buah sawo ini. Dan rasa manisnya akan membuat si anak suka.
  • Mempercantik Kulit
Dari hasil sebuah penelitian menyatakan bahwa buah sawo berkhasiat membuat kulit terlihat bercahaya dan kelembabannya akan terjaga. Buah sawo juga kaya akan Vitamin E yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penuaan dini serta keriput pada  kulit.
  • Mencegah Kanker Usus
Proses metabolisme pada tubuh kita akan berjalan lancer dan seimbang jika kebutahan seratnya terpenuhi. Nah pada buah sawo memiliki kandungan serat yang banyak sehingga sangat  membantu tubuh dalam mencegah kanker usus jika rutin dalam mengkonsumsinya.
  • Mengobati Radang Mulut
Selain buahnya ternyata daun buah sawo juga bermanfaat dalam mengobati penyakit radang. Caranya snagat simple ambilah daun buah sawo yang sudah dibersihkan, kemudian rebus selama 10 menit, dan gunakanlah air rebusan tadi untuk berkumur.
Buah yang sering diapakai sebagai bahan untuk warna kulit ini ternyata sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan. Maka dari itu mualai dari sekarang janganlah sungakan untuk mengkonsumso buah sawo ini.

Itulah mengenai Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan Tubuh yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar