Jumat, 11 Desember 2015

Khasiat dan Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

Manfaat Buah Nangka. -Nangka (Artocarpus heterophyllus) merupakan buah yang berdaging serat dan memiliki rasa dan bau yang khas. Buah nangka diduga berasal dari Negara India bagaian Selatan, kemudaian sekarang ini sudah menyebar ke daerah tropis lainnya termasuk Inonesia. Buah ini akan tumbuh subur di iklim tropis yang lembab dan hujan, namun tidak akan bertahan lam di daerah dingin.

Buah nangka ini merupakan buah yang multifungsi karena selain dapat dikonsumsi langsung saat sudah matang , buah ini juga bisa kita jadikan sebagai campuran berbagai sayuran ketika masih muda. Aroma yang khas akan kita dapatkan ketika buah nangka sudah matang, selain itu rasa manisnya akan melengkapi keistimewaannya.

Karena rasanya yang manis buah nangka sangat diminati semua orang, mulai dari anak-anak sampai ke nenek-nenek pun menyukainya. namun sebelum anda menyantap dengan nikmat buah nangka ini, anda harus rela bergelut dengan  getah buah atau lateksnya yang sangat lengket. dan untuk mendapatkan buah nangka ini sangatlah mudah, karena sekarang ini sudah sangat banyak diperjual belikan dipasaran dengan harga yang cukup murah.

Siapa sangaka dibalik rasanya yang menis buha nangka memiliki kandungan nutrisi yang banyak dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C dalam bentuk senyawa thiamin, ribovlafin dan niacin. Selain itu juga buah nangka mengandung mineral seperti kalsium, potassium, ferrum dan magnesium.  Dan juga buah nangka engandung kaliri, protein dan karbohidrat.

Khasiat dan Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan
www.tradisionalkesehatan.com
Inilah Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

Semua buah-buahan tentunya memiliki manfaat untuk kesesehatan begitupun dengan buah nangka. Tidak lepas dari kandungan nutrisi yang banyak pada buah nangka, kahsiatnya pun akan kita dapatkan. Nah berikut ini adalah manfaat buah nangka untuk kesehatan.
  • Mencegah Penyakit Jantung
Hal ini karena pada buah nangak mengandung kolesterol yang rendah serta kandungan kalium pada buah nangka bisa menurunkan tekanan darah. Selain dapat mencegah dari penyakit jantung , buah nangka juga mengngandung zat besi yang bermanfaat mencegah penyakit anemia dan dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Jadi sangatlah cicik untuk anda yang memiliki gangguan pada organ jantung.
  • Mencegah Kanker
Kandungan senyawa yang bersifat anti kanker seperti isoflavon, lignin dan saponin pada buah nangka sangat bermanfaat dalam mencegah sel-sel kanker untuk tumbuh. Selain itu kandungan fitonutrein pad buah nangka juga mampu mencegah radikal bebas yang dapat menyerangk tubuh. Nah dengan mengkinsumsi rutin buah nangka, anda dapat mencegah resiko terkena penyakit kanker.
  • Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Kandungan senyawa kalium pada buah nangka sangat bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah,  dan akan membuatnya tetap setabil. Apabila tekanan darah tinggi tidak dicegah penyakit ini akan memicu berbgai masalah pada jantung baik itu jantung coroner maupun stroke.
  • Menyehatkan Mata
Seperti halnya pada wortel, kandungan vitamin A yang banyak juga terkandung dalam buah nangka ini. Dimana vitamin A ini merupakan nutrisi yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata dan baik untuk kulit. Vitmain A juga bermanfaat untuk mencegah penyakit yang dapat menyerang mata seperti rabun senja dan generasi macula.
  • Meningkatkan Kesehatan Tulang
Buah nangaka memang sangat bermanfaat dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang, karenan buah nangka ini sangat kaya dengan magnesiumnya. Maka dari itu bagi anda para pemda sangat dianjurkan untuk serign mengkonsumsi buah nangka ini supaya tulang anda menjadi kuat.
  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Buah nangka ini sangat sempurna dalam mengasup Vitmain C dan oksidan kedalam tubuh.  Kedua nutrisi ini snagantlah bermanfaat dalam meningkatkan system kekebalan tubuh dari berbgai jenis penyakit seperti flu dan infeksi.
  • Mencegah Masalah Pencernaan
Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah nangka bagus untuk mencegah berbagai masalah pencernaan seperti susah buang air bersar.  Serat juga sangat bermanfaat untuk melindungi membrane mukosadi usus dari berbgai bahan kimia yang berbahaya. Dan juga kandungan anti-ulkus yang dapat menyembuhkan luka pada dinding lambung.

Jadikanlah buah-buahan sebagai salah saru menu makanan sehari-hari, karena memang menjadi pelengkap gizi seimbang yaitu empat sehat lima sempurna. Dengan mengkonsumsi buah secara teratur maka kita telah melengkapi kebutuhan nurtisi setiap harinya. Dan salalh satu buah yang tidak asing lagi ditelinga yaitu nangka. Dan ingat janganlah berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Itulah uraian singkat tentang Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar