Jumat, 04 Desember 2015

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kecantikan dan Kesehatan

Apa saja sih manfaat buah mengkudu untuk kecntikan ? nah jika belum tau simaklah info dibawah ini sepesial untuk anda yang cantik.

Mengkudu (Morinda citrifolia) merupakan tumbuhan yang tumbuh subur di daerah tataran rendah yang memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya berwarna hijau mengkilap ketika maisih muda dan ketika sudah tua berubah warna menjadi berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Semua orang tentunya sudah tidak asing lagi dengan buah mengkudu, karena tumbuhan ini sangat mudah kita temukan di berbagai daerah, terutama di tempat kita tinggal yaitu di perkampungan. Buah mengkudu ini sangat popular dikalangan masyarakat, dan memiliki nama yang beragam di beberapa wilayah, diantaranya pace (Jawa), Kodhuk (Madura), Cangkudu (Sunda), Keumeude (Aceh) dan sebgainya.

Kebanyakan orang tidak menyukai buah ini Karena selain rasanya yang pahit buah ini juga memiliki bau yang menyengat. Sehingga buah ini ditanam dan dibiarkan begitu saja, Namun dikampung kami buah ini kadang sering ditambahkan sebagai salah satu buah untuk membuat rujak bebek.

Meskipun buah mengkudu keliatan sepele, namun mengandung nutrisi yang sangat banyak dan lengkap, salah satunya adalah selenium, protein, mineral dan vitamin . dan kandungan yang lain yang bermanfaat untuk kesehatan anda yaitu terpenoid, anti inflasi, anti virus, anti bakteri dan anti kanker. Dari kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi ini menjadikan mengkudu sebagai salah satu tanaman obat yang cukup terkenal di tahun 2000 an.

inilah khasiat dan Manfaat Buah Mengkudu untuk Kecantikan

Dibalik baunya yang menyengat dan sangat tidak sedap, ternyata buah ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit anda. sudah bertahun-tahun buah mengkudu dikenal sebagai buah yang bermanfaat untuk menekan tekanan darah tinggi. Selain itu buah  mengkudu sangat bermanfaat juga untuk kecantikan wajah anda. nah untuk mengetahui manfaat buah mengkudu bisa disimak dibawah ini.

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kecantikan

Buah yang sering kali disebut dengan nama Noni ini kaya dengan vitamin yang sangat baik untuk kecantikan wajah. Tak heran jika super model sekelas Miranda Kerr juga memanfaatkan buah ini untuk merawat kecantikan wajah dan tubuhnya. Berikut ini khasiat buah mengkudu untuk kesehatan yang dilansir dari beberpa sumber.
  • Mengatasi Jerawat dan Peradangan Kulit
Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah mengkudu sangat bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang memicu kerusakan sel karena berbagai masalah kulit, ya tentunya jerawat yang anda almai. Nah antioksidan pada mengkudu ini akan melindungi kulit dari efek jerawat dan membantu memperbaiki sel yang rusak.

Smentara itu anti bakteri, anti inflamasi dan anti virus bermanfaat dalam mencegah peradangan dan infeksi kulit. Kandungan ini sangat membantu supaya jerawat cepat kering, tidak berubah menjadi merah, bengkak dan bernanah. Dan kandungan antihistamin dalam mengkudu juga sangat membantu menghentikan peradangan ini.

Untuk caranya tidak susah cukup dengan mengolesakan daging buah mengkudu yang sudah dihaluskan atau air person buah mengkudu pada  kulit yang mengalami masalah. Dan diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bersihkan menggunakan air.
  • Menghaluskan dan Mengatasi Masalah Kulti Kering
Kandungan zat dan nutrisi pada buah mengkudu juga dipercaya mampu mengatasi masalah kulit kering sekaligus menghaluskan kulit, baik itu kulit wajah maupun kulit tubuh yang lain. Anda bisa mejadikan buah ini sebgai scrub dan oleskan pada kulit yang bermasalah. Sangat gampangkan ?
Mencegah Penuaan Dini

Radikal bebas yang dapat menjadikan kulit anda kehilangan keremajaannya mampu diatasi dengan buah mengkudu. Kandungan Vitamin C dan phytochemical yang terdapat buah ini berkerja sebagai antioksidan yang akan menangkal radikal bebas yang menyerang anda. selain itu kandungan selenium berfungsi untuk mempertahankan elastisitas kulit dari dalam.

Nah dalam hal ini, buah mengkudu harus dikonsumsi dengan sajian jus. Ingat jangan menambahkan gula atau susu untuk menyamarkan aromanya, karena bisa merusak kandungan didalamnya.
  • Mengatasi Maslah Rambut Rontok
Kandungan Vitmain dan Mineral pada buah mengkudu akan menaga kelancaran sirkulasi darah dan menyalurkan nutrisi ke kulit kepala. Nah dengan begitu pertumbuhan rambut anda tidak akan terganggu dan kesehatan kulit kepala anda akan terjaga.

Untuk perawatannya anda gunakan daging buah mengkudu yang sudah dihaluskan menjadi creambat, dan untuk lebih optimal anda bisa mengkonsumsi buah mengkudu dengan menjadikannya jus.
  • Mengatasi Masalah Ketombe
Kandungan Vitmain C dan zat yang lainnya dalam buah mengkudu bermanfaat untuk mengatasi masalah ketombe, terutama ketombe yang timbul dari bakteri dan infeksi jamur. Selain itu sifat asam dalam mengkudu juga akan menyeimbangkan pH kulit kepala anda.  nah untuk mengatasi hal ini anda bisa menjadikan buah mengkudu menjadi creambath ataupun masker rambut.

Buah mengkudu  memang pahit dan tidak enak, namun harus diingat dibalik pahitnya itu banyak  manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kita. Maka dari itu rajinlah untuk m engkonsumsi sayur dan buah-buahan demi kesehatan badan kita.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai Manfaat Buah Mengkudu untuk Kecantikan yang dapat kamai informasikan kepada anda, semoga bermanfaat khususnya bagi pembaca dan umumnya bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar