Rabu, 06 Januari 2016

Lakukan 10 Hal Ini Sebelum Tidur Demi Kesehatan



Ingin hidup sehat? Ada baiknya anda mencoba melakukan 10 hal ini sebelum tidur agar hidup anda lebih sehat. Orang-orang dengan gaya hidup sehat tahu bahwa kualitas tidur sangat penting bagi mempertahankan gaya hidup yang sehat, dan telah menjadi rutinitas sehari-hari mereka. Berikut ini adalah kebiasaan sebelum orang-orang dengan gaya hidup sehat yang bisa anda terapkan ke dalam kehidupan anda seperti yang dikutip dari situs huffingtonpost sehingga anda dapat memiliki kualitas istirahat yang cukup untuk menghadapai hari esok pagi.

10 Hal Penting Sebelum Tidur 

 



1.      Mandi

Suhu tubuh adalah hal yang sangat krusial bagi kualitas tidur anda, menurut para ahli mandi pada malam hari dapat membantu anda menerapkan kebiasaan tidur yang sehat. Air hangat dapat membantu anda untuk merasakan relax agar dapat mendapatkan tidur yang berkualitas.

 

2.      Meditasi

Tenangkan pikiran anda dengan meditasi sejenak sebelum tidur, praktik ini membawa beberapa manfaat kesehatan termasuk tidur yang baik. Luangkan waktu untuk bermeditasi sebelum tidur maka anda akan mendapatkan banyak manfaat untuk menghadapi hari esok.

 

3.      Menulis jurnal

Sedang menghadapi hari yang sulit? Ada baiknya anda menuliskannya sebelum tidur, penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa menulis sebelum tidur dapat mengurangi tingkat stress dan membantu membersihkan pikiran anda. Tidak hanya itu, menulis juga dapat membantu anda meningkatkan suasana hati sebelum tidur.

 

4.      Minum air

Cobalah minum segelah air sebelum anda tertidur karena itu akan membantu meningkatkan kualitas tidur anda, mungkin anda akan terbangun dalam keadaan dehidrasi tapi anda juga akan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

 

5.      Gosok gigi

The American Dental Association merekomendasikan untuk menggosok gigi dua kali sehari. Jika anda tidak melakukannya, bakteri dan plak akan tumbuh pesat di dalam mulut ketika anda tertidur dan akan membawa masalah besar di kemudian hari.

 

6.      Olah raga

Berkeringat sebelum tidur adalah hal yang baik, penelitian mengatakan bahwa berolah raga sebelum tidur dapat membantu kualitas tidur anda pada malam hari.

 

7.      Hindari layar gadget

Penggunaan gadget di kamar tidur bukanlah hal yang baik, sebuah penelitian mengatakan bahwa cahaya biru dari layar ponsel, laptop, atau televisi dapat mengganggu sirkulasi mata yang berakhir pada kualitas tidur yang buruk.

 

8.      Konsumi makan secara bijak

Fakta makan sebelum tidur dapat membantu anda dalam meningkatkan kualitas tidur, namun anda tetap harus bijak dalam memilih jenis makanan yang hendak anda konsumsi. Hindari makanan berlemak atau kudapan yang tidak sehat, sebagai gantinya konsumsilah buah-buahan.

 

9.      Jauhkan sejenak binatan peliharaan

Kehadiran binatan peliharaan di dalam kamar tidur dapat mengganggu kualitas tidur anda, jadi jika anda berencana untuk terbangun lebih mudah jauhkan binatan peliharaan anda dari kamar tidur. Buatlah kamar tidur anda adalah sebuah tempat yang sempurna untuk tertidur dan anda akan mendapatkan kualitas tidur yang sempurna.

 

10.  Sesuaikan waktu tidur agar tetap ideal
 
The National Sleep Foundation merekomendasikan 7 sampai 9 jam waktu tidur per malam, jadi jam berapa anda tertidur adalah hal yang penting. Jika anda menginginkan istirahat malam yang baik, maka tertidurlah sesuai dengan waktu ideal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar