Rabu, 06 Januari 2016

Hindari Mengkonsumsi Suplemen Tubuh

Mengkonsumsi Suplemen Tubuh-Setiap orang menginginkan memiliki tubuh yang sehat. Kesehatan tubuh terjaga dengan memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah, untuk memenuhi mineral dan vitamin beberapa orang mengkonsumsi suplemen supaya mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi. Ketika kelebihan kondisi umumnya tahu yang mengkonsumsi terlalu banyak obat secara pribadi, maka hal yang sama bisa berlaku untuk orang-orang yang mengambil suplemen vitamin bisa overdosis. Suplemen vitamin berlebih dapat membahayakan tubuh.

Menurut Tim Crowe, ahli gizi dari Universitas Deakin, suplemen berisi beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh, tetapi seperti suplemen zat besi harus dikonsumsi hanya ketika tubuh memiliki cacat atau kekurangan karena kekurangan gizi, atau wanita yang berencana untuk hamil.

Hindari Mengkonsumsi Suplemen Tubuh

Hari ini, banyak orang yang merasa perlu untuk menambah asupan makanan asupan sehari-hari mereka dari suplemen vitamin untuk tetap sehat. Sebuah studi oleh Biro Statistik Australia menunjukkan bahwa 82 persen dari orang-orang yang mengonsumsi suplemen, melakukannya dengan alasan, untuk mencegah penyakit. Namun, tidak ada bukti untuk hal ini.

Crowe mengatakan bahwa kelebihan dosis vitamin dari makanan dan mineral yang sangat langka, hampir mustahil terjadi. Hal ini berbeda jika dosis berlebih berasal dari suplemen.

Efek samping yang umum akibat overdosis suplemen vitamin harian sebagai berikut:
1. Vitamin C: Hal ini dapat menyebabkan diare.
2. Zinc atau seng: untuk mencegah atau mengurangi penyerapan zat besi, dan dapat berkontribusi             pada gangguan kekebalan tubuh penyebab, anemia dan masalah jantung.
3. Selenium. Menyebabkan kelelahan, gangguan pencernaan, kerusakan saraf ringan, dan alopecia.
4. Vitamin B6: kerusakan saraf.
5. Vitamin A: penyakit hati, kulit dan tulang.

Crowe juga mengingatkan bahwa kelebihan zat besi yang disengaja adalah penyebab utama kematian pada anak-anak karena dapat bersifat meracuni. Biasanya anak-anak memiliki akses untuk mengambil suplemen zat besi, karena orang tua tidak menyimpannya di tempat yang aman. Oleh karena itu, jika ingin menjaga kesehatan tubuh, harus memilih cara alami, salah satunya adalah untuk mengambil diet gizi seimbang.


Makanan adalah mineral, vitamin dan bekerja dengan campuran kompleks dari phytochemical. Suplemen cenderung bekerja dalam isolasi, keuntungan dari phytochemical  dan anggota lainnya tidak tersedia. Sebaiknya penuhilah mineral dan vitamin dengan mengkonsumsi makanan saja, kecuali diharuskan oleh dokter untuk mengkonsumsi suplemen. Intinya harus dikonsultasikan dengan dokter sehingga tidak terjadi overdosis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar