Selasa, 30 Juni 2015

Khasiat dan Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan. -Buah-buhan merupakan komponen makanan yang sangat diperlukan oleh seluruh masyarakat, karena kandungan gizi dan vitamin yang sangat berguna untuk kesehatan. Bermacam-macam jenis buah yang ada di inonesia seperti mangga, anggur, kiwi, semangka, Apel, melon dan lainnya. buah-buahan tersebut sangatlah baik untuk kesehatan tubuh anda.

Nah sekarang kami disini tidak akan membahas semua jenis buah yang ada, namaun kami akan membahas tetang manfaat Buah mangga. Semua orang pasti sudah tiadak asing lagi dengan nama buah mangga, selain rasanya yang segar dan manis, juga sangat mudah ditemuakan .  Taukah anda apa manfaat buah mangga untuk kesehatan ?

Buah mangga/mempelam merupakan kelompok buah batu (drupa ) yang berdaging, dengan bentuk dan ukuran yang berbeda sesuai dengan macamnya, mulai dari mangga gedong, indramayu, gadung, arumanis, dan golek. Pada unjung buah ini ada bagian yang runcing yang disebut paruh, dan diatas paruh ada bagian yang membengkok yang disebut sinus, yang berlanjut kebagian perut.

Buah mangga sangatlah populer di indonesia, bahkan sudah dinobatkan sebagai buah yang paling banyak di konsumsi di dunia. Mulai dari produk-produk kemasan makanan atau minuman yang banyak menggunakan mangga sebgai bahan pembuatannya sudah banyak dipasaran.

inilah manfaat mangga untuk tubuh
www.Tradisionalkesehtan.com
Buah yang memiliki rasa yang manis dan menyegarkan ini mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh kita bahkan sangat dibutuhkan. Buah mangga diperkaya dengan Vitmain E dan diyakini mengandung afrodisiak ( zat yang dapat meningkatkan libido). Selain itu mangga mengandung fiber/serat alami, karbohidrat, gula, diet serat, lemak, protein, Vitamin A equiv, betakaroten, thiamine, niacin, Riboflavin dan masih banyak lagi.

Nilai Kandungan gizi Mangga per 100 g 
- (3.5 oz, Energi 272 kJ (65 kcal),
- Karbohidrat 17,00 g,
- Gula 14,8 g, 
- Diet serat 1,8 g, 
- Lemak 0,27 g, 
- Protein 0,51 g, 
- Vitamin A equiv. 38 mg (4%), 
- Beta-karoten 445 mg (4%), 
- Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%), 
- Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%), 
- Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%), 
- Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%), 
- Vitamin B6 0,134 mg (10%), 
- Folat (Vit. B9) 14 mg (4%), 
- Vitamin C 27,7 mg (46%), 
- Kalsium 10 mg (1%), 
- Besi 0,13 mg (1%), 
- Magnesium 9 mg (2%), 
- Fosfor 11 mg (2%), 
- Kalium 156 mg (3%), 
- Seng 0,04 mg (0%).

Dengan kayanya nutrisi yang terdapat dalam buah mangga, jadi tidak mengherankan jika buah mangga kaya akan manfaat untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi buah mangga secara teratur baik itu secara langsung maupun diolah terlebih dahulu, anda akan mendapat manfaat yang sangat baik untuk tubuh diantaranya :


  • Mengurangi Diabetes
Buah mangga memiliki indeks glikemik rendah (41-60) sehingga apabila anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak tidak akan meningkatkan kadar gula.  Namun selain buahnya ternyata daun mangga juga sangatlah bermanfaat. Bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes, cukup dengan merebus 5-6 daun mangga, kemudian rendam sepanjang malam dan minum rebusan tadi di pagi hari dan jangan lupa untuk disring terlebih dahulu. Ini akan membantu anda  dalam mengatur kadar insulin.

  • Mencegah Kanker
Hasil dari penelitian senyawa yang terkandung dalam buah mangga sangat bermanfaat untuk melindungi payudara, usus besar, laukemia dan kanker prostat. Senyawa yang bertugas yaitu quercetin, astragalin, fisetin, asam galat, isoquercitrin, methylgallat, enzim yang melimpah.

  • Menyehatkan Tulang
Asupan vitamin K yang kurang sering menjadi alasan peningkatan resiko terjadinya tulang. Tidak hanya kandungan kalsium pada susu saja ternyata vitmain K yang terdapat pada buah mangga juga menopang kesehatan tulang anda. dari itu konsumsilah asupan yang tepat dari buah-buahan maupun sayuran untuk meningkatkan penyerapan kalsium yang optimal termasuk buah mangga.

  • Menjaga kadar Kolesterol
Buah mangga mengndung pektin, serat dan vitamin C yang tinggi, ini akan membantu dalam menurunkan kadar kolesterol anda. 

  • Menjaga kesehtan mata
Untuk menjaga kesehtan mata dengan buah mangga, cukup dengan satu cangkir irisan mangga, dengan ini tubuh anda akan terpenuhi 25% vitamin a harian. 

  • Mengobati Anemia
Bagi anda yang memiliki penyakit anemia buah mangga merupakan solusinya yang mengandung zat besi yang sangat bagi pendiri anemia. Karena dengan mengkonsumsi buah mangga kebutuhan kalsium anda akan terpenuhi..

  • Mengobati Panas Dalam
Panasnya sinar matahari dapat menyebabkan kelelahan otot dan masalah diuretik. Serangan panas ini menyebabkan ginjal kelebihan baban dalam menetralkan racun. Disaat beginilah tubuh kita memerlukan pendingin, dengan mengkonsumsi jus mangga sangatlah disarankan.

Itulah Manfaat Buah mangga untuk Kesehatan Tubuh, semoga apa yang kami tulis ini bermanfaat untuk semua pembaca. Alangkah baiknya jika anda juga membagikan artikel Manfaat buah mangga ini kepa teman anda. dan terimakasih atas kunjungan anda ke blog kami ini.

Baca juga artikel tentang Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Wajah dan Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar