Minggu, 06 Maret 2016

Manfaat Jambu air untuk kesehatan dan Kecantikan tubuh

Manfaat Jambu air. -Jambu air merupakan tumbuhan yang termasuk kedalam suku jambu-jambuan atau Mytaceae, dan merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara. Jambu air ini memliki kerabat dekat yaitu jambu semarang, memang keduanya memiliki phon dan buah hampir sama namun sebenarnya berbeda. Sehingga keduanya kerap kali dinamai dengan nama umum jambu air atau jambu saja.

Pada umumnya bagian-bagian dari jambu air ini berukuran lebih kecil dan kurang berbau aromatis apabila dibandingkan dengan jambu semarang.  Buah bertipe buni ini memiliki bentuk gansing dengan pangkal kecil dan ujung yang melebar, dan bermahkota kelopak yang berdaging dan melengkung, sisi luar berwarna putih sampai  merah. Dan berwarna putih berair untuk dagingnya.

Di Negara Indonesia buah ini sangat disukai banyak orang, karena selain enak jug menyegarkan. Jadi tidak heran jika buah ini sangat mudah ditemukan karena banyak orang yang membudidayakannya. Apalagi jika musim panen tiba, buah ini bisa di jual dipasa tradisional terdekat.

Tidak lepas dari namanya, jambu air ini memang memiliki kandungan air yang melimpah disetiap buahnya. Hal ini lah yang membuat jambu air ini kerap kali dijadiakn makanan untuk melepaskan dahaga karena efeknya membuat tubuh menjadi lebih fresh. Memang buah jambu air ini bisa langsung dimakan akan tetapi banyak orang yang membuat buah jambu ini menjadi makanan tertentu seperti rujak, manisan, campuran salad, dan masih banyak lagi.

Selain kandungan air yang melimpah bauh jambu air ini juga mengandung sejumlah senyawa yang lumayan banyak, antara lain protein, serat, kalsium, karbohidrat, zat besi, magnesium, potassium, zinc, asam sitrat, copper, fosfor, serat dan vitamin C, vitamin A, niacin, thimiamin, riboflavin, dan masih banyak lagi. Dari kandungan senyawa ini lah jambu air memiliki manfaat untuk kesehatan.

Manfaat dan Khasiat Jambu Air untuk Kecantikan
www.tradisionalkesehatan.com

Dari kandungan senyawa yang telah di paparkan diatas tentunya banyak manfaat  yang dapat kita peroleh dari jambu air ini. sperti halnya manfaat jambu biji yang dapat mengobati penyakit, jambu air ini juga mampu menyainginya. langsung saja simak dibawah ini.
  • Mencegah Dehidrasi
Kandungan kadar air pada jambu biji cukup tinggi, penelitian menyebutkan behwa air dalam setiap 100 gr daging jambu air terdapat 93 % , sehingga efektif untuk mencegah dehidrasi. Selain itu kandungan air ini juga dapat  meningkatkan mood baik bagi yang mengkonsumsinya.
  • Mencegah dan Mengatasi Diabetes
Kandungan glukosa yang disebut Jamboline bermanfaat untuk  mengatsi diabetes. Jamboline dapat dikeringkan dan ditumbuk halus menjadi bubuk serta dapat ditambahkan dengan air, dan minumlah tiga sampai empat kali per hari. Maka kandungan glukosa dalam urine anda akan sedikit-denmi sedikit akan berkurang.
  • Menjaga Kesehatan Mata
Dari kandungan yang telah disebutkan di atas, salah satu dari kandungannya yaitu Vitamin A. nah vitamin A inilah yang akan mengatasi masalah kesehatan mata. Maka dari itu tak hanya manfaat wortel saja yang dapat mengatasi masalah pada mata.

Selain itu kandungan vitamin A ini juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan system imunitas tubuh. hal ini disebabkan karaena vitamin A dapat meningkatkan fungsi sel darh putih sebagai antibody dan ativirus.
  • Menyehatkan Pencernaan
Tubuh menjadi lebih mudah mengatur perjalanan makanan melalu system saluran pencernaan saat makanan yang kita makan mengandung serat yang cukup. Nah dalam jambu air ini memliki cukup serat yang dibutuhkan oleh tubuh. sehingga tubuh kita akan terhindar dari masalah sembelit, dan biji buahnya juga bermanfaat untuk pengobatan tradisional mencegah diare dan disentri.
  • Menyehatkan Jantung
Kandungan serat dan kandungan nutrisi dalam jambu biji sangatlah baik untuk tubuh. dari kombinasi kedunya ini akan menunjukan efek yang signifikan terhadap kadar kolesterol. Dari sebuah studi penelitian yang mengarah ke kemungkinan lebih rendah dari aterosklerosis dari jambu air, sehingga dapat mencegah kardiovaskular sperti serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung coroner.
  • Detoksifikasi
Sudah dari sejak dulu bahkan dari ratusan tahun yang lalu, rebusan jambu biji telah digunakan sebagai zat diuretic yang dapat membantu untuk membersihkan hati dan toksisitas ginjal. Selain itu juga untuk meningkatkan kesehatan secar menyeluruh dan efesiensi metabilisme tubuh.
  • Meningkatka Sistem Kekebalan Tubuh
Kandugnan dalam jambu air yaitu komponen aktif dan stabil telah dikaitakan dengan efek antimikroba dan anti jamur. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa hal ini dapat melindungi kulit dari pengembangan berbagai infeksi yang dapat meningkatkan kekuatan system kekebelan tubuh terhadap penyakit karena infeksi.
  • Membersihkan Ginjal
Kandungan mineral yang terdapat pada jambu air sangatlah banyak, nah jika kita mengkonsumsi bauh jambu air ini setiap hari dapat mencukupi kebutuhan cariran tubuh. sehingga kita akan terhindar dari dehidrasi dan dapat membantu ginjal dan membersihkan gijal dari asam urine dan urea yang terdpat dalam tubuh.
  • Membantu dalam Keberhasialn Program Diet
Dambaan setiap wanita memiliki tubuh langsing dan berat badan yang ideal, nah cobalah jadikan jambu air kedalam menu makanan diet anda. mengkonsumsi satu gelas jus jambu air tanpa gula setiap pagi selama tujuh hari mampu menurunkan setidaknya 0,5 kg berat badan anda.

Namun sayangnya buah jambu air ini memiliki kelemahan yaitu mudah sekali busuk dan tidak tahan lama. Karena itu untuk menjaga kesegarannya lebi baik jambu air ini langsung dikonsumsi setelah dipetik. Namun jika anda membeli dari pasar, kesegaran jambu air dapat dilihat dari kondisi kulitnya yang masih mulus, lembab tetapi tidak lembek. Dan bila kulit buanya mulai penyot menunjukan jambu air itu mulai mengalami kebusukan.

Itulah beberpa manfaat jambu air untuk kesehatan yang dapat kami berikan, Semua ulasan diatas didapat dari berbagai sumber terpercaya. Memang jambu air ini selain enak untuk dimakan juga sangat baik untuk kesehatan, maka dari itu janganlah sungkan untuk memakan buah-buahan karena sesungguhaknya diadalam buah-buahan terdpat sejuata manfaat yang dapat kita peroleh darinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar