Kamis, 16 Januari 2014

10 Manfaat Jalan Kaki Yang Belum Anda Ketahui

Manfaat berjalan kaki di pagi maupun sore hari sebenarnya sangat berguna bagi kesehatan tubuh seseorang. Namun faktanya masih banyak orang indonesia yang belum tahu dan menyadari betapa besar khasiat olahraga jalan kaki ini. Tidak seperti bersepeda atau berenang, olahraga yang satu ini tidak membutuhkan waktu khusus serta peralatan penunjang tertentu. Bahkan, anda sudah sering melakukannya setiap hari tanpa disadari.

berjalan kaki di sore hari

Meskipun sudah menjadi kegiatan rutin sehari-hari, belum tentu anda tahu manfaat jalan kaki untuk tubuh serta organ-organ penting di dalamnya.

  1. Memperkuat jantung secara alami
    Aktivitas berjalan kaki selama 30 menit secara teratur terbukti mengurangi resiko stroke hingga 27% dan menjauhkan anda dari penyakit jantung. Manfaat secara langsung yang diperoleh adalah menjaga tekanan darah tetap stabil serta menurunnya kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatnya HDL (kolesterol baik).
  2. Mengurangi resiko berbagai jenis penyakit
    Sebuah studi di British Medical Journal menunjukkan manfaat berjalan kaki setiap hari dapat membantu mencegah berkembangnya diabetes. Selain itu, olahraga ringan ini dapat memangkas resiko asma, kanker usus besar, kanker payudara serta rahim.
  3. Satu metode menurunkan berat badan
    Ada banyak cara untuk membakar kalori dengan olahraga, salah satunya berjalan kaki. Cara ini mudah, murah serta tidak membutuhkan peralatan khusus. Dengan bergerak, massa otot akan meningkat, metabolisme makin cepat dan hasilnya banyak kalori terbakar.
  4. Mencegah pikun di usia senja
    Menurut wikipedia, pikun menjadi gejala umum demensia yaitu menurunnya kinerja otak sehingga tidak dapat berfungsi secara optimal. Dari data statistik, satu dari 14 orang berusia 65 tahun ke atas beresiko tinggi terserang demensia. Manfaat olahraga jalan kaki bagi kesehatan otak adalah mengurangi resiko pikun hingga 40 persen dan mempertajam daya ingat otak.
  5. Menjauhkan Anda Dari Osteoporosis
    Berjalan kaki merupakan kegiatan menahan beban yang bisa meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Terutama bagi seorang perempuan. Olahraga ini juga membantu menjaga sendi tetap sehat sehingga mencegah terkena gangguan radang sendi.
  6. Membentuk tubuh lebih proporsional
    Jika anda ingin memiliki bentuk tubuh ideal, jalan kaki dapat membantu mengangkat otot pantat, paha dan betis. Jangan lupakan juga, kualitas tidur akan meningkat jika sebelumnya anda sudah berjalan kaki.
  7. Jagan lupakan tangan anda
    Tahukah anda, kecepatan berjalan dipengaruhi oleh ayunan tangan? Semakin cepat tangan berayun maka semakin cepat pula anda berjalan. Dan hebatnya, berjalan kaki juga bermanfaat untuk membuat lengan, bahu serta punggung lebih kencang secara alami.
  8. Meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh
    Manfaat berjalan kaki di pagi hari adalah memperbanyak vitamin D alami yang terdapat dalam tubuh manusia. Vitamin ini sangat jarang terdapat pada bahan makanan namun tubuh bisa memproduksinya berkat sinar matahari pagi.
  9. Memberikan energi tambahan bagi tubuh
    Mungkin terdengar aneh namun, jalan cepat adalah salah satu sumber energi alami terbaik di sekitar kita. Berjalan kaki akan meningkatkan sirkulasi dan suplai oksigen ke seluruh sel tubuh, menjaga kewaspadaan tetap terjaga serta meredakan ketegangan otot.
  10. Memperbaiki suasana hati
    Olahraga ringan seperti berjalan kaki memiliki efek baik sebagai anti-depresi yang bisa memperbaiki mood, mengurangi stres dan kecemasan. Ternyata, selain berguna bagi kesehatan tubuh juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental secara nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar