Kamis, 31 Oktober 2013

Bagaimana Cara Menghilangkan Bintik Hitam Di Wajah?

Memiliki kulit muka bersih tanpa flek hitam yang mengganggu tentu bukan hal yang mustahil jika anda rajin merawat dan menjaganya. Namun, seiring bertambahnya usia seseorang maka kulit pun mengalami penuaan. Akibatnya, muncul bintik-bintik hitam di wajah secara alami. Sebenarnya, apa saja penyebab kemunculan noda hitam tersebut? Apakah hanya faktor umur atau ada faktor eksternal lain?

tips menghilangkan bintik hitam

Image courtesy of stockimages / FreeDigitalPhotos.net


Artikel ini merupakan jawaban atas pertanyaan Nurlina Hidayah nurlina788@hotmail.com tentang "Tips menghilangkan noda hitam di wajah akibat penuaan"

Anda bisa mengirimkan pertanyaan atau request artikel kesehatan dan kecantikan secara gratis melalui halaman hubungi admin.

Sebenarnya masalah ini normal dialami siapa saja yang sudah menginjak usia 40 tahun tidak memandang pria maupun wanita. Ciri-ciri umum flek hitam akibat penuaan adalah berwarna coklat kehitaman, bentuknya rata tidak menonjol dan tidak menimbulkan efek gatal.

Berikut ini beberapa faktor utama yang menyebabkan munculnya bintik hitam di wajah anda :
  • Jika noda hitam pada wajah muncul saat anda berusia 40 tahun, merupakan pertanda bahwa kulit mengalami penuaan, seperti kehilangan kekenyalan dan kelembaban.

  • Efek buruk panas matahari yaitu sinar ultraviolet sangat berpengaruh pada munculnya flek hitam di wajah.

  • Konsumsi pil KB dalam jangka panjang akan mempengaruhi hormon dan mengakibatkan munculnya noda hitam di kulit. Hentikan pemakaian dan beralihlah dengan metode KB yang lain

  • Faktor keturunan dari orang tua juga bisa menjadi penyebabnya, jadi jangan heran jika anda rajin menjaga kesehatan kulit tapi tetap muncul bintik hitam.

Karena sifatnya yang tidak memicu rasa sakit, flek hitam di wajah akibat penuaan tidak lah berbahaya. Dan cara menghilangkannya pun berbeda dengan warna gelap karena bekas jerawat. Jika muncul rasa gatal, mengeluarkan darah atau berubah warna sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter kulit.


Cara Menghilangkan Bintik Hitam Di Wajah Cantik Anda

  1. krim tabir surya
    Dengan paparan sinar matahari yang semakin hari semakin menyengat, pemakaian tabir surya atau sun block dapat menjadi langkah pertama untuk melindungi kulit. Selain itu, tabir surya akan mencegah munculnya noda-noda hitam baru pada wajah. Pastikan anda memakai tabir surya terlebih dahulu sebelum menggunakan kosmetik kecantikan.

  2. vitamin untuk kulit
    Konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, tomat, jambu biji mapun buah kiwi sangat bermanfaat untuk menghilangkan bintik hitam di wajah. Fungsi vitamin C untuk kulit sendiri adalah sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, menjaga kulit tetap lentur elastis serta membantu proses peremajaan sel-sel kulit.

  3. produk anti aging
    Pastikan anda memilih produk kecantikan untuk wajah yang mengandung anti aging. Baik dalam bentuk krim, lotion atau spray. Anti aging berperan dalam menghindari noda hitam muncul di wajah karena faktor penuaan. Anda bisa memilih bentuknya sesuai kebutuhan dan kesesuaian pada kulit.

  4. masker tradisional
    Flek hitam di wajah juga bisa dihilangkan dengan bahan alami yaitu memakai masker tradisional. Penggunaan masker muka secara teratur terbukti mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan bintik hitam. Berikut beberapa resep masker alami yang bisa anda coba :

Penuaan merupakan siklus hidup yang dialami oleh semua orang. Merawat kesehatan kulit mulai dari sekarang merupakan langkah awal yang harus anda tempuh jika tidak mau menyesal dikemudian hari. Cara menghilangkan bintik hitam di wajah hendaknya dilakukan dengan benar yaitu dimulai dari perlindungan ( memakai sun block ) dan perawatan yang teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar